Menag Beri Apresiasi Kepada HKBP Menteng Jakarta

Laporan: Rahmat
Minggu, 26 September 2021 | 13:10 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/ ist
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/ ist

SinPo.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberi apresiasi terhadap kiprah jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Menteng Jakarta dalam merawat dan menjaga keberagamaan Indonesia.

Hal ini disampaikan Menag saat menghadiri perayaan HUT HKBP Menteng ke-66 yang digelar di Jakarta Selatan, Sabtu malam (25/9). 

"Atas nama pemerintah kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jemaat HKBP Menteng yang telah merawat Indonesia melalui keberagaman dalam beragama," kata Menag, Sabtu malam (25/9).

Ia menyebut, usia ke-66 bukan hanya soal deret angka semata. Lebih dari itu, usia menunjukkan perjalanan yang cukup panjang dalam rentang pengabdian.

Selama perjalanan tersebut, lanjut Menag, Gereja HKBP Menteng telah menorehkan berbagai kiprah dan melewati dinamika yang penuh dengan tantangan.

Gereja yang memiliki motto “Jadi saluran berkat damai sejahtera dan suka cita bagi masyarakat” ini, kata Menag, perlu merefleksi atas peran internal maupun eksternal agar kehadirannya betul-betul memberikan warna sosial yang produktif dalam membangun umat beragama yang berkarakter.

"Saya hadir di sini untuk menunjukkan rasa cinta saya kepada jemaat HKBP. Saya ingin menyampaikan pesan penting, mari kita sebagai umat beragama menjaga Indonesia yang memang milik dan hak kita semua," ujar Yaqut.

Dirinya menuturkan, bahwa Indonesia tidak akan pernah berdiri dan merdeka jika tidak ada umat Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Khonghucu, dan Islam.

"Indonesia merdeka karena semua agama. Maka tidak boleh ada satu orang pun atau kelompok yang mengklaim berhak atau milik mereka. Indonesia milik kita semua. Mari kita rawat bersama-sama," tandas Menag.

Di akhir sambutan, Menag mengapresiasi peran dan kontribusi Gereja HKBP Menteng dalam mensukseskan program vaksinasi masyarakat umum tanpa melihat status dan agama.

"Ini luar biasa. Sebab tidak banyak organisasi keagamaan yang mau memerhatikan masyarakat secara umum. Terus terang saya melihat HKBP Menteng melaksanakan program vakisnasi masyarakat tanpa melihat agama," kata Menag.

"Terima kasih HKBP Menteng yang telah ikut berperan dalam usaha kita bersama menghadapi Covid-19," tuturnya. 

Dalam perayaan HKBP Menteng ke-66, hadir juga Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Pendeta HKBP Ressort Menteng dan segenap jemaat Gereja HKBP Menteng Jakarta.sinpo

Komentar: