Komitmen BRIN Beri Informasi Terkait Penginderaan Jauh

Laporan: Tisa
Jumat, 24 September 2021 | 09:20 WIB
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko

SinPo.id - Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko melakukan peninjauan beberapa lokasi unit kerja untuk melihat fasilitas dan prasarana yang tersedia, Kamis (23/9).

Agenda kunjungan Kepala BRIN sebagai upaya mempercepat proses kerja setelah dibentuknya organisasi BRIN sesuai Perpres Nomor 78 Tahun 2021.

Lokasi pertama Kepala BRIN meninjau Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Kemudian dilanjutkan mengunjungi Kantor Pusat Organisasi Riset (OR) Penerbangan dan Antariksa di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur.

"Pusat ini sangat penting peranannya untuk dapat secara maksimal menghasilkan berbagai bahan dan hasil kajian kebijakan penerbangan serta antariksa. Di mana saat ini kebijakan dan penelitian berada di BRIN dengan dibentuk OR Penerbangan dan Antariksa," ujar Laksana dalam keterangannya.

Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh, Pekayon, Jakarta Timur, menjadi lokasi berikutnya yang dikunjungi.

Laksana berkesempatan melihat fasilitas seperti ruang server, ruang Quick Response Bencana, tempat para peneliti melakukan pengolahan dan analisis data ketika ada informasi terkait bencana di Indonesia dan ruang Command Center Playtypus. 

Dengan command center tersebut, Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh dapat melakukan monitoring dan menjadi dashboard terkait informasi-informasi pemanfaatan penginderaan jauh yang dapat diakses oleh kementerian lain sehingga informasi dapat dimanfaatkan secara maksimal.

"BRIN melalui Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh, berkomitmen untuk menyediakan informasi terkait penginderaan jauh yang bisa langsung dimanfaatkan oleh pengguna terkait,"  ungkap Laksana.

Setelah itu Laksana mengunjungi Pusat Teknologi Data Penginderaan Jauh yang masih di kawasan Pekayon. 

Laksana meninjau ruang pelayanan yang menampilkan demo spacemap dan melihat fasilitas di ruang data center.

 

 sinpo

TAG:
BRIN
Komentar: