Jawab Ancaman China Di Natuna, Prabowo Bawa Kapal Perang Frigate Arrowhead 140

Laporan: Sinpo
Sabtu, 18 September 2021 | 13:55 WIB
Menhan Prabowo Subianto depan Kapal Perang Frigate Arrowhead 140/Ist
Menhan Prabowo Subianto depan Kapal Perang Frigate Arrowhead 140/Ist

SinPo.id - Ancaman kapal perang China di laut Natuna yang menjadi kekhawatiran banyak pihak dijawab Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis Frigate tipe Arrowhead 140 buatan Inggris.

Kapal perang tersebut merupakan kerja sama pemerintah Indonesia dengan Inggris.

Begitu disampaikan Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/9).

Dasco menyebut kapal tersebut merupakan yang tercanggih dari kapal perang yang ada.

"Frigate tipe Arrowhead 140 bikinan Inggris yang teknologinya dibawa pulang Prabowo adalah kapal perang ringan tercanggih yang ada sekarang," ujar Dasco.
 
Dijelaskan Dasco, Frigate adalah jenis kapal perang ringan dengan kecepatan tinggi dan kemampuan manuver yang dilengkapi teknologi militer canggih terkini. Arrowehad 140 dipersenjatai dengan rudal-rudal anti pesawat juga torpedo anti kapal selam yang membuatnya mampu memberikan pertahanan terhadap ancaman udara dan laut.

Kapal ini juga punya kemampuan untuk menjadi kapal induk mini bagi helikopter angkatan laut baik untuk misi antar jemput personel, maupun misi penyelamatan SAR Search and Rescue

Kerja sama tersebut kata Dasco  akan menciptakan ratusan kapal Frigate.

Wakil Ketua DPR RI ini yakin, adanya kapal itu akan membuat China takut berkeliaran di Indonesia.

"Kesepakatan antara Prabowo dengan Angkatan Laut Kerajaan Inggris memberikan alih teknologi kepada PT. PAL produsen kapal laut Indonesia untuk bisa memproduksi ratusan bahkan ribuan Frigate canggih ini," ujarnya.

"Yakinlah angkatan laut China akan gemetar melihat Frigate tipe Arrowhead 140 berpatroli di lautan Indonesia, dan akan berpikir dua kali untuk wara-wiri di lautan Natuna lagi," demikian Sufmi Dasco Ahmad.  sinpo

Komentar: