Tak Hanya Satu, Tugu Sepatu Raksasa Akan Ada Di Tiga Titik Jakarta

Laporan: Vera
Sabtu, 18 September 2021 | 10:01 WIB
Tugu Sepatu di Jakarta/vlix.id
Tugu Sepatu di Jakarta/vlix.id

SinPo.id - Pembangunan instalasi atau tugu sepatu raksasa bertajuk Xpresikan Warnamu akan dilakukan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta bersama Jakarta Experience Board (JXB) di sejumlah titik Ibu Kota.

Adanya instalasi atau tugu sepatu raksasa tersebut merupakan kolaborasi dengan sebuah merek sepatu lokal.

Menurut Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Gumilar Ekalaya, instalasi atau tugu sepatu raksasa menandai dimulainya rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021.

“Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pelaku ekonomi kreatif terhadap Tahun Internasional Ekonomi Kreatif 2021 yang dicanangkan oleh UNCTAD. Kita menyambutnya dengan turut menggelar instalasi dari para pelaku ekonomi kreatif,” ujar Gumilar melalui keterangan tertulis, Sabtu (18/9).

Dia menjelaskan, tujuannya adalah untuk membangkitkan dan memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif di Jakarta untuk tetap berkreasi di tengah tantangan pandemi Covid-19.

Tak hanya satu, tetapi akan dibangun tiga instalasi atau tugu sepatu raksasa di tiga titik di Jakarta pada 17-26 September 2021.

Ketiganya yakni di Stasiun BNI City Taman Dukuh Atas, Lapangan Banteng, dan Alun-Alun Velodrome. 

Pembangunan instalasi atau tugu sepatu raksasa ini merupakan inisiasi dari pelaku ekonomi kreatif yang bersifat non-budgeter APBD. 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memfasilitasi dengan menyediakan ruang publik yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Ibu Kota.

Nantinya juga, instalasi seni ini akan dilengkapi dengan QR code yang dapat dipindai, sehingga masyarakat dapat membaca surat terbuka yang ditujukan kepada para pejuang ekonomi kreatif.

Surat tersebut berisi ajakan kepada seluruh elemen, terutama para pelaku ekonomi kreatif untuk bisa beradaptasi, berinovasi, serta berkolaborasi agar dapat bertahan di masa sulit.sinpo

Komentar: