Diperiksa 11 Jam, Kalapas Klas I Tangerang Ditanya Soal Ini

Kebakaran Lapas Tangerang

Oleh: Riri
Rabu, 15 September 2021 | 08:07 WIB
Kebakaran Lapas Klas I Tangerang/Ist
Kebakaran Lapas Klas I Tangerang/Ist

SinPo.id - Penyidik Polda Metro Jaya telah selesai memeriksa Kapalas Klas I Tangerang, Victor Teguh Prihartono untuk dimintai keterangan terkait kebakaran maut yang menewaskan 46 narapidana atau napi.

Victor selesai menjalani pemeriksaan sekitar pukul 22.00 WIB pada Selasa, (14/9). Dalam pemeriksaan selama 11 jam itu, Victor ditanya soal tugasnya di Lapas.

"Saya enggak begitu hafal jumlah pertanyaannya, tetapi masih bersifat umum menyangkut masalah tentang fungsi, tugas, dan peran. Jadi mereka dimintai keterangan perihal tugasnya sesuai jabatan di Lapas," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, (14/9).

Tubagus memastikan, Victor masih berstatus saksi hingga saat ini. Sementara terkait waktu pemeriksaan yang lama, lantaran Victor baru dimulai sekitar pukul 11.00 WIB dan terbentur waktu salat dan makan siang. 

"Setelah itu juga memberikan waktu yang cukup bagi yang bersangkutan (Victor) untuk melakukan ibadah dan juga makan," ujar Tubagus. 

Tubagus enggan membeberkan pertanyaan yang disampaikan penyidik saat pemeriksaan. Sebab, hal itu masuk materi penyidikan.

Dia memastikan, Kepala Tata Usaha Lapas Klas 1 Tangerang juga masih berstatus saksi. Polisi, belum menetapkan tersangka walau sudah naik penyidikan. 

"Artinya diduga sudah ada pidana, siapa tersangkanya? Nah, itu dalam proses penyidikan. Nah, sekarang dalam rangka mencari itu," ungkap Tubagus.

Sekadar informasi, total ada 7 pegawai Lapas termasuk Kalapas dan 2 warga binaan yang diperiksa pada Selasa, (14/9). Semua saksi yang diagendakan menjalani pemeriksaan hadir. Bahkan, jumlah saksi yang diperiksa bertambah dua dari warga binaan. 

"Ada tujuh dari petugas lapas, kemudian dua dari warga binaan," kata Tubagus. 

Tubagus menambahkan, tidak menutup kemungkinan adanya saksi tambahan untuk menyidik peristiwa ini. Pihaknya kemungkinan akan melakukan pemeriksaan tambahan terhadap beberapa saksi apabila diperlakukan.

Blok C2 Lapas Klas 1 Tangerang terbakar sekitar pukul 01.45 WIB pada Rabu, 8 September 2021. Api berhasil dipadamkan pukul 03.00 WIB. Sebanyak 48 orang narapidana yang berada di blok C2 tewas. Selebihnya, mengalami luka-luka, baik berat maupun ringan.

Penyebab kebakaran masih diselidiki. Namun, dugaan sementara karena korsleting listrik. Polisi menemukan titik api di atas plafonsinpo

Komentar: