Pemerintah Diminta Antisipasi Masuknya Varian Baru Covid-19 Ke Indonesia

Laporan: Rahmat
Rabu, 15 September 2021 | 07:25 WIB
Ilustrasi Covid-19/ net
Ilustrasi Covid-19/ net

SinPo.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyoroti berbagai varian baru pada Covid-19. Ia meminta pemerintah untuk mengantisipasi adanya penyebaran berbagai varian Covid-19 di Indonesia. 

Sebelumnya, Menteri Kesehatan mengatakan, pemerintah tengah mengamati tiga varian baru Covid-19, yakni Lambda, MU, dan C.1.2. 

Menurutnya, pemerintah harus terus melakukan upaya serius dalam mengantisipasi dan mencegah masuknya ketiga varian baru tersebut ke Indonesia, dengan melakukan pengetatan penjagaan di pintu-pintu masuk internasional, memperketat tes masuk dan keluar, serta mendisiplinkan masyarakat untuk melakukan karantina.

"Pemerintah bersama pihak-pihak terkait yang bertugas untuk meningkatkan pengawasan dan penjagaan di setiap pintu masuk via darat maupun laut. Mengingat, saat ini pengawasan yang relatif baik hanya terjadi di pintu masuk via udara, seperti bandara," kata Bamsoet dalam pernyataan tertulis yang diterima SinPo.id, Rabu (15/9).

Selain itu, ia mengatakan agar pemerintah tidak ragu untuk menutup sementra akses masuk ke Indonesia terutama bagi negara yang terdeteksi terdapat kasus varian baru Covid-19. 

"Hal ini sebagai upaya pemerintah dalam mengutamakan menjaga keselamatan rakyatnya. Mengingat, varian-varian baru ini dapat menyebabkan peningkatan kluster kasus Covid-19, karena tingkat penyebarannya lebih cepat dari yang sebelumnya," ujar Politisi Partai Golkar tersebut.sinpo

Komentar: