Pandemi Akan Jadi Endemi, Dasco: Bentuk Kehati-hatian

Laporan: Satria
Senin, 13 September 2021 | 11:32 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/ist
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/ist

SinPo.id - Setelah munculnya varian Delta, para pakar memprediksi Covid-19 besar kemungkinan akan menjadi endemik. Hal ini berdasarkan temuan dari penelitian yang melibatkan 100 ahli imunologi hingga para ahli virologi, 90 persen di antara mereka setuju Covid-19 akan menjadi endemik.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa istilah tersebut merupakan bentuk kehati-hatian, sehingga menurutnya pengendalian terhadap Covid-19 harus lebih akseleratif dan dinamis. 

“Virus corona ini kan fenomena yang memang baru pertama bukan cuma di Indonesia tapi kan di dunia dan kemudian terdengar kabar dan memang sudah ada bermunculan varian-varian baru. Oleh karena itu, pengendalian dari Corona ini harus akseleratif dan dinamis, sehingga istilah itu adalah bentuk ke hati-hatian kita,” kata Dasco kepada Wartawan, di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/9).

Dasco menuturkan yang paling terpenting ialah terkait percepatan vaksinasi, penerapan protokol kesehatan dan juga rumusan kebijakan ketika suatu wilayah mengalami lonjakan kasus Covid-19. 

“Saya pikir vaksinasi harus tetap dijalankan digenjot terus, protokol kesehatan harus tetap dijaga dan juga harus ada SOP yang jelas dari pemerintah apabila kemudian satu wilayah tiba-tiba terjangkit dengan lonjakan tinggi itu saya pikir begitu,” tutur Dasco. 

Politisi Partai Gerindra itu juga menyampaikan bahwa walaupun di tengah pandemi, roda ekonomi, proses belajar mengajar harus tetap berjalan. Pasalnya, hingga saat ini tidak ada yang dapat memprediksi kapan pandemi ini bisa berakhir.

“Roda ekonomi musti terus berjalan, rakyat kita harus tetap mencari makan dan kemudian yang proses belajar mengajar juga harus terus, kehidupan harus terus berjalan sehingga kita mulai coba melakukan kegiatan-kegiatan dan hidup dengan situasi covid pada saat ini,” ucap Dasco.sinpo

Komentar: