Kacau! Petugas Kesehatan Hentikan Pertandingan Brasil vs Argentina

Oleh: Riri
Senin, 06 September 2021 | 09:24 WIB
Kekacauan yang terjadi saat pertandingan Brasil vs Argentina/Net
Kekacauan yang terjadi saat pertandingan Brasil vs Argentina/Net

SinPo.id - Kekacauan terjadi pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Brasil vs Argentina di Neo Quimica Arena, Minggu (5/9) atau Senin dini hari WIB.

Pertandingan yang baru berusia beberapa menit dihentikan setelah petugas kesehatan nasional dan polisi federal masuk untuk menahan empat pemain Argentina yang diduga melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Pemain-pemain yang dimaksud adalah dua pemain klub Aston Villa, Emiliano Buendia dan Emiliano Martinez. Kemudian, Cristian Romero dan Giovani Lo Celso dari klub Liga Inggris lainnya, Tottenham Hotspur.

Pemerintah Brasil sendiri memiliki aturan bahwa pendatang dari Inggris wajib melakukan karantina selama 14 hari saat tiba di negara mereka.

Otoritas kesehatan Brasil (Anvisa) sudah memberikan peringatan kepada timnas Argentina untuk tidak bertanding melawan Brasil. Namun, peringatan itu diabaikan. Sampai akhirnys, Anvisa mengeluarkan pernyataan terkait penundaan pertandingan tersebut:

"Anvisa menilai situasi ini sebagai risiko kesehatan serius, sebab itu menyarankan otoritas kesehatan setempat untuk segera melakukan karantina para pemain yang seharusnya tidak boleh ikut dalam aktivitas apa pun dan tidak boleh tetap berada di teritori Brasil."

Tidak ada keputusan resmi pertandingan selama sekitar 60 menit sejak kick-off, sampai akhirnya Conmebol membuat pengumuman resmi.

Melalui media sosial Twitter, Conmebol menjelaskan keputusan penundaan secara resmi. Pertandingan tidak bisa dilanjutkan sampai waktu yang ditentukan.

"Berdasarkan keputusan wasit, pertandingan yang dikelola oleh FIFA antara brasil dan Argentina untuk Kualifikasi Piala Dunia diputuskan ditunda."

"Wasit dan komisaris pertandingan akan menyerahkan laporan kepada FIFA Disciplinary Committee, yang akan menentukan langkah-langkah berikutnya. Prosedur ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku."

"Kualifikasi Piala Dunia adalah kompetisi FIFA. Setiap keputusan terkait organisasi dan pengembangannya adalah hak eksklusif dari lembaga tersebut."sinpo

Komentar: