Kurang Minum Sebabkan Infeksi Saluran Kemih

Laporan: Rahmat
Sabtu, 04 September 2021 | 22:11 WIB
Ilustrasi air putih/ Net
Ilustrasi air putih/ Net

SinPo.id - Pengamat kesehatan sekaligus Influencer, Tirta Mandhira Hudhi atau yang kerap disapa dokter Tirta memberikan edukasi seputar infeksi saluran kemih dalam kanal youtubenya Tirta PengPengPeng, Minggu (29/8)

Dalam konten tersebut Tirta menyampaikan bahwa infeksi saluran kemih lebih mudah menimpa perempuan. Hal ini dikarenakan uretra yang dimiliki perempuan lebih pendek dibanding laki-laki, sehingga bakteri lebih mudah masuk.

Tirta menyebut, beberapa hal yang kerap dianggap sepele oleh masyarakat justru menjadi penyebab infeksi saluran kemih, diantaranya, kurang minum air mineral dan sering menahan buang air kecil.

Gejala awal penyakit ini mirip dengan gejala pada Thypoid atau typus, yang ditandai dengan keinginan buang air kecil namun tidak bisa. Hal itu disebabkan oleh bakteri yang mulai masuk.

Infeksi saluran kemih akan berbahaya jika bakteri yang ada menembus ginjal dan pembuluh darah,  karena hal ini akan menyebabkan terjadinya infeksi massive diseluruh tubuh yang akan berujung pada kematian.


"Nah yang paling bahaya adalah isk  yang bagian atas karena ginjal inikan terkoneksi dengan arteri dan vena yang besar-besar akibatnya nanti jika bakteri menembus ginjal, otomatis ada potensi bakteri menembus pembuluh darah kita.Yang menyebabkan shock septic yaitu beredarnya bakteri di pembuluh darah sehingga menyebabkan infeksi di pembuluh darah dan infeksi massive sistemic yaitu infeksi massive di seluruh tubuh dan itu menyebabkan kematian," ucap dokter Tirta dalam kanal YouTube pribadinya Tirta PengPengPeng yang dikutip oleh SinPo, Sabtu (4/9).

Untuk itu, Tirta mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengkonsumsi air mineral, dan tidak menahan buang air kecil agar tidak membahayakan tubuh.sinpo

Komentar: