Sertifikat Vaksin Jokowi Beredar di Medsos, Dasco: Perlindungan Data Pribadi

Laporan: Satria
Jumat, 03 September 2021 | 20:44 WIB
Presiden Joko Widodo saat disuntik vaksin/net
Presiden Joko Widodo saat disuntik vaksin/net

SinPo.id - Beredarnya di media sosial nomor induk kependudukan (NIK) Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berasal dari sertifikat vaksinasi. Selain itu, ada tanggal lahir Jokowi serta tersebar juga nomor HP ajudan Presiden. 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa dirinya pun banyak mendengar keluhan masyarakat terkait aplikasi PeduliLindungi. 

"Banyak keluhan yang kami terima, di situs PedulilLindungi" ujar Dasco kepada Wartawan, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (3/9). 

Dasco menyampaikan bahwa Kementrian kesehatan terus melakukan penyempurnaan aplikasi PeduliLindungi. 

Meski begitu, ia mengingatkan bahwa pelindung terhadap data pribadi merupakan hal yang harus di utamakan, agar kejadian penyebaran data tidak terulang kembali 

"Dan dalam keterangannya Menteri Kesehatan di Komisi IX bahwa data atau aplikasi PeduliLindungi itu terus diprogres untuk disempurnakan karena ini sambil berprogres sambil kemudian diimplementasikan ke masyarakat dan memang diperlukan sudah beberapa kali kita bilang bahwa perlindungan data pribadi itu penting," ucap Dasco.

"Sehingga hal-hal seperti ini yang paling terakhir sertifikat vaksinasi Pak Jokowi kemudian beredar di media sosial," tutur Dasco.sinpo

Komentar: