Data eHAC Bocor, Wiku: Sedang Ditelusuri Kemenkes

Laporan: Rahmat
Jumat, 03 September 2021 | 13:35 WIB
Apk e-Hac/ Net
Apk e-Hac/ Net

SinPo.id - Menghadapi Covid-19, berbagai upaya penanganan pandemi telah dilakukan. Dalam hal ini, pemerintah juga melakukan transformasi digital disektor kesehatan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut transformasi ini untuk kemudahan masyarakat mengakses informasi terkait COVID-19.

"Dalam melakukan transformasi digital ini, pemerintah selalu mengutamakan keamanan data masyarakat," kata Wiku dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, yang dikutip SinPo.id, Jumat (3/9).

Ia menjelaskan, transformasi digital dilakukan secara bertahap. Penyesuaian akan dilakukan sesuai dengan kondisi di lapangan dan bentuk transisi seiring dengan peningkatan kapasitas sistem maupun literasi digital. Seperti upaya Kementerian Kesehatan dalam memastikan keamanan data masyarakat. 

Diketahui Kemenkes telah menelusuri terkait kebocoran data pengguna pada electrical health card (e-HAC). Kemenkes juga telah berkoordinasi dan menindaklanjuti permasalahan ini ke pihak yang berwajib dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.sinpo

Komentar: