Ketua MPR Minta Pemerintah Segera Selesaikan Kebocoran Data eHAC

Oleh: Riri
Rabu, 01 September 2021 | 14:15 WIB
eHAC/Net
eHAC/Net

SinPo.id - Ketua MPR, Bambang Soesatyo meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk segera menyelesaikan dugaan kebocoran data 1,3 juta pengguna aplikasi eHAC.

"Sebab, kebocoran data ini punya implikasi luas untuk eHAC dan usaha pemerintah Indonesia dalam mengendalikan Covid-19," tutur Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta pada Rabu, (1/9).

Bamsoet juga meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan lembaga terkait untuk melakukan investigasi dan penelusuran melalui audit forensik agar dapat memastikan penyebab dugaan kebocoran eHAC yang terjadi.

Selain itu, Bamsoet juga meminta Kemenkes bersama Kemenkominfo untuk meningkatkan kewaspadaan terutama pada sistem keamanan aplikasi eHAC, serta meminta pemerintah melakukan upaya-upaya antisipasi lainnya yang dapat menjamin keamanan data para pengguna aplikasi tersebut.

"Mengingat, data-data yang bocor ini bersifat pribadi," imbuhnya.

Terakhir, Bamsoet meminta komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan level proteksi penggunaan pada setiap aplikasi layanan publik sebagai upaya pemerintah dalam melindungi dan menjamin data-data masyarakat dengan baik.sinpo

Komentar: