Duh! Target 2 Juta Vaksinasi Covid-19 Per Hari Di Agustus Tak Tercapai

Oleh: Riri
Sabtu, 28 Agustus 2021 | 19:10 WIB
Ilustrasi vaksinasi/Net
Ilustrasi vaksinasi/Net

SinPo.id - Pemerintah nampaknya harus kembali menelan kekecewaan. Sebab target penyuntikan vaksin Covid-19 sebanyak 2 juta per hari pada Agustus tak bisa dicapai.

"Saat ini, kita rata-rata di atas 1 juta per hari dan bulan Agustus tinggal beberapa hari lagi ini, sepertinya target suntikkan 2 juta per hari belum bisa kita capai," tutur Jubir Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi dalam diskusi secara virtual melalui kanal YouTube Kemkominfo TV pada Sabtu, (28/8).

Hingga saat ini, vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 29 persen, sedangkan 16 persen untuk vaksinasi dosis kedua.  Sementara tenaga kesehatan (Nakes) yang sudah mendapatkan dosis ketiga itu ada 578.000, sementara untuk remaja ada 2,5 juta, ibu hamil 18.000 dan penderita disabilitas ada 16.000. Adapun, vaksinasi untuk kelompok lanjut usia (Lansia) masih rendah yaitu 5,2 juta untuk dosis pertama dan 3,6 juta untuk dosis kedua.

"Ini menjadi tugas kita bersama untuk selalu mengingat bahwa lansia ini kita masih punya PR cukup besar," katanya.

Kata Nadia, pihaknya akan berusaha untuk meningkatkan vaksinasi agar mencapai 2 juta per hari pada September 2021. Guna mengejar target tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengintensifkan pelayanan vaksinasi di berbagai tempat, menambah jumlah hasil, menambah sesi penyuntikan serta kuota sesuai dengan ketersediaan.

"Tentunya tenaga vaksinator kalau perlu ditambah kita akan menambahkan dengan melakukan pelatihan dan membuka pos vaksinasi dengan bekerja sama dengan berbagai pihak swasta, BUMN, organisasi masyarakat dan organisasi lainnya," ujarnya.

Pada 28 Juni 2021 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin vaksinasi Covid-19 mencapai angka 1 juta per hari selama Juli 2021. Belum juga tercapai, Jokowi kembali menggenjot agar target vaksinasi menjadi 2 juta per hari selama Agustus 2021.sinpo

Komentar: