Target Program Mensos 6000 Rutilahu

Laporan: Satria
Kamis, 26 Agustus 2021 | 21:01 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini/SinPo
Menteri Sosial Tri Rismaharini/SinPo

SinPo.id - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bahwa program sosial Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di tahun ini menyasar 6.000 rumah tidak layak huni dengan anggaran 20 Juta per rumah. 

“Tahun ini jadi 6.000 karna standar nya dari 15 juta jadi 20 juta” kata Risma di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/8). 

Risma menuturkan bahwa program rutilahu ini bukan hanya memperbaiki rumah saja, namun dibarengi dengan memberdayakan ekonominya

“Karna itu konsep  yang kita lakukan adalah bagaimana kita tidak hanya memperbaiki rumah tapi juga sekaligus memberdayakan ekonominya,” jelas Risma. 

Lebih lanjut, Risma juga menginginkan agar program rumah tidak layak huni mempunyai aksebilitas dan infrastruktur yang terpenuhi dengan baik, meskipun fasilitas yang diberikan cukup sederhana. 

“Karena mereka menerima bantuan mereka harus juga keluar dari kemiskinan karna itu kemudian mereka bisa meningkatkan income mereka, jadi kita sudah pernah lakukan di Asmat,” tutur Risma.

Diketahui rutilahu merupakan salah satu kegiatan penanganan fakir miskin yang diselenggarakan Kementerian Sosial dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal fakir miskin melalui perbaikan/rehabilitasi kondisi rumah tidak layak huni dengan prioritas atap, lantai, dan dinding serta fasilitas MCK.sinpo

Komentar: