Indonesia Menargetkan Angka Pertumbuhan Ekonomi Digital 40%

Laporan: Rahmat
Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:30 WIB
Ekonomi digital/ net
Ekonomi digital/ net

SinPo.id - Menteri Perdagangan, Muhammad Luthfi mengatakan bahwa berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, Indonesia telah menargetkan angka pertumbuhan ekonomi digital dengan menguasai 40% potensi ekonomi digital di Asean pada tahun 2025.

Lutfhi menuturkan jika saat ini pemerintah tengah berupaya memanfaatkan perdagangan internasional terkait E-commerce, melalui kerjasama dengan negara-negara Asean dalam rangka pemulihan ekonomi.

Nilai transaksi E-commerce Indonesia diketahui akan mencapai 354,3 triliun pada tahun 2021, nilai ini meningkat sebesar 33,11% pertahun dibandingkan tahun 2020 yang mencapai 266,2 triliun.

Pernyataan tersebut diungkapkan Lutfhi pada rapat kerja mengenai pembicaraan tingkat satu, terhadap rancangan undang-undang tentang pengesahan Asean Agreement On Electronic Commerce, atau persetujuan Asean tentang perdagangan melalui sistem elektronik, di komplek parlemen, Senayan, Jakarta.

"Perkembangan ekonomi digital yang pesat dan adanya pandemi covid-19 telah merubah dan mentransformasi perilaku konsumen dalam melakukan transaksi melalui perdagangan dengan sistem elektronik atau pmse. Tentunya hal tersebut menjadi elemen penting dalam perkembangan perekonomian global saat ini. sebagai informasi nilai transaksi e-commerce indonesia pada tahun 2021 diperkirakan akan mencapai 354,3 triliun meningkat sebesar 33,11% pertahun dibandingkan tahun 2020 yang hanya mencapai 266,2 triliun. Volume transaksi e-commerce juga mencapai peningkatan signifikan dengan pertumbuhan 68,31% pertahun," ujar Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi, di Jakarta, Senin (23/8).sinpo

Komentar: