Didampingi Anies, Jokowi Resmikan Enam Ruas Jalan Tol Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang

Laporan: Tisa
Senin, 23 Agustus 2021 | 10:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Tangkapan Layar
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Tangkapan Layar

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan enam ruas Jalan Tol dalam Kota Jakarta segmen Kelapa Gading-Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Senin (23/8).

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti dan penempelan kartu tol.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Jalan tol Segmen Kelapa Gading Pulogebang pada pagi hari ini saya nyatakan diresmikan," ucap Jokowi dalam peresmian.

Jokowi bersyukur tol sepanjang 9,3 KM telah rampung dan dapat dimanfaatkan masyarakat. 

"Alhamdulillah pada pagi hari ini ini jalan tol Pulo Gebang Kelapa Gading sepanjang 9,3 KM telah selesai dan bisa di manfaatkan oleh masyarakat," kata dia.

Jokowi menuturkan jalan tol tersebut merupakan bagian dan melengkapi dari Jalan Tol Jabodetabek dan bagian dari lingkar dalam Jakarta dan lingkar luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road).

"Jalan tol ini merupakan bagian dan melengkapi dari jalan tol metropolitan Jabodetabek merupakan bagian juga dari lingkar dalam Jakarta dan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road," ucap Jokowi. 

Tak hanya itu, Kepala Negara berharap  rampungnya Tol Kelapa Gading- Pulo Gebang sepanjang 9,3 KM, kecepatan distribusi logistik dan daya saing komoditas semakin baik.

"Karena ini juga terkait dengan kawasan ekonomi khusus Marunda dan juga terhubung juga dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Sehingga akan memperkuat meningkatkan daya saing kita dan juga utamanya mobilitas orang ke Jakarta akan semakin baik, mobilitas barang antara kota dan kota Jakarta dengan sekitarnya juga akan semakin baik," kata dia.

Jokowi mengatakan yang tak kalah penting dalam pembangunan Jalan tol tersebut yakni model pembiayaan Bauran pendanaan antara Kementerian/ Lembaga, BUMN, dan swasta atau model Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dapat dilakukan di jalan tol -jalan lainnya.

 "Yang tidak kalah pentingnya adalah model pembiayaan yang kita harapkan ini bisa dilakukan di jalan tol jalan tol yang lain, yaitu memadukan anggaran bauran pendanaan baik itu antara kementerian dengan BUMN, kementerian BUMN dengan swasta atau model KPBU sehingga akan mempercepat proyek-proyek jalan tol yang telah kita rencanakan," kata Jokowi. 

Kepala Negara mengharapkan skema pembiayaan tersebut dapat digunakan dalam pembangunan infrastruktur di seluruh provinsi lainnya. Hal tersebut diharapkan dapat mengatasi ketimpangan antara daerah/provinsi dan mempercepat konektivitas nasional.

"Skema skema pembiayaan seperti ini bisa digunakan dalam pembangunan infrastruktur di seluruh provinsi di tanah air sehingga akan mampu mengatasi ketimpangan antar daerah, antar provinsi dalam pembangunan infrastruktur dan kita harapkan akan mempercepat konektivitas nasional," tandasnya.

Dalam peresmian tersebut Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.sinpo

Komentar: