DPR Dorong Keinginan Presiden Jokowi Turunkan Harga Tes PCR

Laporan: Satria
Senin, 16 Agustus 2021 | 13:20 WIB
Ilustrasi tes PCR/net
Ilustrasi tes PCR/net

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan harga tes polymerase chain reaction (PCR) di Indonesia ada pada kisaran Rp 450.000 sampai Rp 550.000 dan hasilnya bisa diketahui 1x24 jam. 

Menanggapi hal itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa DPR juga akan mendorong harga Tes PCR bisa turun sesuai dengan keinginan Pemerintah. 

"Kita akan mendorong, sesuai dgn keinginan pemerintah bahwa harga PCR bisa turun. Saya juga sudah bicara dengan Kemenkes bahwa mereka sedang berupaya Untuk bisa melakukan hal tersebut," kata Puan kepada Wartawan usai Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8). 

Puan menuturkan dalam waktu dekat penurunan harga tes PCR bisa terlaksana dan juga Puan menambah bahwa DPR mendorong untuk hasil PCR bisa keluar dalam waktu 1x24 jam agar tes dan tracing berjalan cepat. 

"Tentu saja insyaallah dalam waktu yg tidak lama, dalam waktu yg cepat ini apa yg kemudian kita harapkan bersama itu bisa segera terlaksana. dann juga hasilnya. kami juga meminta sekarang sedang didorong supaya hasil pcr itu bisa 1x24 jam sehingga dalam proses tes dan tracingnya itu bisa cepat diketahui bahwa orang ini positif atau negatif. Kalau enggak kan sekarang, sudah positif tapi masih seharian jalan jalan karena dia tidak tahu positif," ucap Puan. 

Puan menyampaikan bahwa DPR RI mempunyai komitmen untuk bisa bersinergi bersama pemerintah untuk bisa mempercepat penanganan Covid -19.sinpo

Komentar: