Jokowi: Pandemi Mengajarkan Kesehatan Merupakan Agenda Bersama

Laporan: Tisa
Senin, 16 Agustus 2021 | 11:00 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Repro
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Repro

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan selama satu setengah tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku, infrastruktur kesehatan dan sekaligus penguatan kelembagaan nasional.

"Kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa," kata Jokowi dalam pidato Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung MPR, Senin (16/8/2021).

Ia menuturkan kelembagaan pemerintahan lintas sektor dan lintas lembaga negara, serta antara pusat dan daerah sampai dengan desa juga mengalami konsolidasi.

Hal itu membuat kapasitas sektor kesehatan meningkat pesat dan semakin mampu menghadapi ketidakpastian yang tinggi dalam pandemi.

Kemudian dari sisi masyarakat, kesadaran terhadap kesehatan semakin tinggi.  Kebiasaan mencuci tangan memakai masker, dan menjaga jarak, telah menjadi kesadaran baru. 

"Gaya hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, berolah raga, dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, terasa semakin membudaya," ucap dia.

Hal tersebut kata Jokowi juga merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas.

Jokowi menyebut kesadaran dan antusiasme masyarakat untuk divaksin, memperoleh layanan kesehatan, memperoleh pengobatan, serta saling peduli juga semakin tinggi. 

"Pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah agenda bersama," tuturnya.

Tak hanya itu, Jokowi menuturkan pandemi telah menguatkan institusi sosial di masyarakat, dan semakin memperkuat modal sosial bangsa Indonesia.

"Jika ingin sehat, warga yang lain juga harus sehat. Jika ada seseorang yang tertular Covid-19, maka hal ini akan membawa risiko bagi yang lainnya. Penyakit adalah masalah bersama, dan menjadi sehat adalah agenda bersama. Kapasitas kelembagaan negara dalam merespons pandemi juga semakin terkonsolidasi dan bekerja semakin responsif," ungkapnya.sinpo

Komentar: