LaNyalla: Ketahanan Sektor Kesehatan Dapat Dilihat Saat Pandemi

Laporan: Satria
Senin, 16 Agustus 2021 | 10:43 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mattalitti/tangkapan layar YouTube setpres
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mattalitti/tangkapan layar YouTube setpres

SinPo.id - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mattalitti mengatakan Pandemi Covid-19 ini memberikan hikmah. Dan menurutnya hikmah terbesar adalah kita sebagai bangsa mengetahui kelemahan-kelemahan fundamental. 

Hal itu disampaikan LaNyalla dalam pidato Sidang Tahunan MPR RI, DPR RI-DPD RI 2021.

LaNyalla menyebut lemahnya ketahanan Kesehatan di Indonesia, menurutnya hal itu terlihat ketika terjadi ledakan korban Covid-19. Rumah sakit nyaris collapse, tenaga medis berguguran, fasilitas kesehatan dan alat medis yang kekurangan di sana-sini. 

"Dengan pandemi ini kita menyaksikan dan melihat sendiri bagaimana ketahanan Sektor Kesehatan kita, ketika terjadi ledakan korban Covid-19. Rumah sakit nyaris collapse. Tenaga medis berguguran. Fasilitas kesehatan dan alat medis yang kekurangan di sana-sini. Juga kualitas kesehatan masyarakat kita yang ternyata rentan dengan komorbid," tutur LaNyalla. 

LaNyalla juga menyampaikan industri alat kesehatan yang masih didominasi produk impor. Ia menambahkan bahwa produk kesehatan anak bangsa sendiri  mulai dari Ventilator sampai Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara belum mendapatkan kepercayaan. 

"Kita jadi mengetahui dengan terang benderang bagaimana industri alat kesehatan kita yang masih didominasi produk impor. Sementara beberapa anak bangsa yang mencoba memproduksi sejumlah alat pendukung medis di tengah pandemi belum mendapat kepercayaan dari kita sendiri. Mulai dari Ventilator sampai Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara," terang LaNyalla. 

LaNyalla juga menilai bahwa pandemi juga memberikan hikmah di Sektor Pendidikan yang selama ini tidak terbuka secara terang benderang. Yaitu kualitas pembelajaran kita ketika dihadapkan kepada pola baru, belajar dari jarak jauh atau online.

"Termasuk kesiapan dukungan sarana dan dukungan infrastruktur di desa dan pelosok negeri," katanya.

LaNyalla juga menyebut Pandemi memberi hikmah sekaligus pekerjaan besar kepada kita untuk memikirkan ulang bagaimana Ketahanan Ekonomi bangsa ini di Sektor Produksi dalam negeri. Mulai dari skala UKM hingga menengah besar.sinpo

Komentar: