Pemerintah Akan Lakukan Testing Dan Tracing Di Wilayah Padat Penduduk

Laporan: Munif
Kamis, 22 Juli 2021 | 15:21 WIB
Menteri  Koordinator Bidang Kemaritiman Dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/ Instagram @Luhut.Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/ Instagram @Luhut.Pandjaitan

SinPo.id -Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan soal beberapa hal terkait penanganan Covid-19. Luhut mengatakan pemerintah tengah melakukan peningkatan testing dan tracing, terutama di wilayah padat penduduk.

Pernyataan tersebut disampaikan Luhut pada konferensi pers mengenai tindak lanjut arahan Presiden terkait perkembangan PPKM, pada Rabu malam (21/7).

Luhut juga menjelaskan bahwa pemerintah akan mulai melakukan finalisasi langkah-langkah testing dan tracing secara masif di beberapa wilayah padat penduduk, diantaranya yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Solo Raya, Semarang, serta Malang Raya.

Lebih Lanjut, setelah dilakukan testing dan tracing, maka warga yang terdeteksi positif Covid-19 akan segera dibawa untuk dilakukan karantina, hal ini guna memperkecil terjadinya kondisi yang semakin memburuk.

Luhut berharap langkah-langkah tersebut dapat dilakukan secara masif dalam waktu 1 hingga 2 hari ke depan.

"Bagaimana pemerintah menetukan level 4 adalah dengan menggunakan laju transmisi dan kesehatan serta kondisi sosiologis masyarakat, jadi kondisi sosiologis masyarakat itu menjadi sangat penting. Pemerintah dalam waktu dekat atas perintah presiden akan melakukan peningkatan testing tracing dan memperbanyak pusat-pusat isolasi utamanya di daerah padat penduduk," kata Luhut dalam konferensi pers di kanal YouTube Perekonomian RI yang dikutip oleh SinPo, Rabu malam(21/7).

"Kami akan finalkan itu bagaimana kita akan langsung trace dan testing di perumahan perumahan padat penduduk di aglomerasi seperti jabodetabek, bandung, surabaya, solo raya, semarang, malang raya, seperti itu," tuturnya.sinpo

Komentar: