Virus Varian Delta Menyebar, Australia Lockdown 6 Negara Bagian

Laporan: Vera
Selasa, 20 Juli 2021 | 16:30 WIB
Australia/Reuters
Australia/Reuters

SinPo.id - Virus Covid-19 varian Delta menyebar, sebanyak 2 dari 6 negara bagian Australia melakukan penguncian wilayah atau lockdown pada Selasa (20/7).

Negara bagian Victoria memperpanjang lockdown selama 7 hari dan Australia Selatan mengumumkan lockdown selama sepekan, sementara Sydney berada dalam lockdown selama 5 pekan.

Negara bagian terpadat di Australia, New South Wales (NSW), di mana Sydney adalah ibu kotanya, sedang memerangi wabah Covid-19 terbesar, dengan total kasus melebihi 1.400.

Pihak berwenang NSW melaporkan sedikit penurunan dalam kasus baru Covid-19 pada Selasa saat negara bagian itu memasuki minggu keempat lockdown

NSW melaporkan 78 kasus infeksi virus C yang ditularkan secara lokal, yakni turun dari 98 kasus pada sehari sebelumnya.

"Kami melihat lebih banyak pasien rawat inap, lebih banyak pasien masuk ke ICU (unit perawatan intensif), lebih banyak orang menggunakan ventilator - kami harus menghentikan penyebaran Covid-19," kata Kepala Petugas Kesehatan NSW Kerry Chant di Sydney pada Selasa (20/7) mengutip Reuters dari Antara.

Setidaknya, kata dia, terdapat 21 dari kasus baru Covid-19 menular saat masih berada di komunitas. Jumlah itu, menurut pihak berwenang harus mendekati nol agar langkah lockdown dapat dicabut.

Penguncian cepat selama lima hari di negara bagian Victoria akan berakhir pada Selasa malam ini, tetapi pihak berwenang mengatakan lockdown perlu diperpanjang selama tujuh hari.

"Ada rantai penularan yang belum kita ketahui dan jika kita mau membukanya, kita akan melihat seberapa cepat (penularan) ini berjalan, kita melihat betapa menyulitkannya hal ini dalam waktu yang sangat singkat," ucap pemimpin negara bagian, Victoria Daniel Andrews.

"Kecepatan penularan virus ini melalui komunitas Victoria menegaskan bahwa kita melakukan hal yang benar dengan melakukan penguncian, dan sedihnya hal itu juga menegaskan bahwa kita membutuhkan lebih banyak waktu," kata Andrews.

Sembilan kasus Covid-19 yang ditularkan secara lokal terdeteksi di Victoria sejak 13 hari sebelumnya, seiring dengan tren penurunan kasus dan menjadikan total kasus menjadi lebih dari 80 orang.

Semua kecuali satu dari 80 kasus baru tersebut terkait dengan wabah saat ini, kata para petugas kesehatan.

Sejumlah lokasi yang terpapar virus corona di Victoria telah meningkat menjadi lebih dari 300 sejak kasus pertama terdeteksi seminggu lalu yang terkait dengan tim pemindah perabot yang terinfeksi dari Sydney.

Negara bagian Australia Selatan memasuki lockdown 7 hari setelah mengidentifikasi kasus baru Covid-19 varian Delta. Pihak berwenang sejauh ini telah mengidentifikasi lima kasus yang terkait dengan klaster saat ini.sinpo

Komentar: