Surat Terbuka Didi Riyadi Minta Jokowi Tak Perpanjang PPKM Darurat

Oleh: Agam
Kamis, 15 Juli 2021 | 21:26 WIB
Didi Riyadi/Instagram @didiriaydi_official
Didi Riyadi/Instagram @didiriaydi_official

SinPo.id - Aktor Didi Riyadi menulis surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal penolakan wacana perpanjangan PPKM Darurat di Jawa dan Bali selama 6 Minggu. Surat itu ditulis dan diposting di laman instagramnya @didiriyadi_official.

Dilihat SinPo, ada tiga poin penting yang disampaikan drummer grup band Element tersebut. Pertama, adalah dampak luar biasa yang dirasakan oleh masyarakat.

"Dampaknya luar biasa dirasakan oleh masyarakat serta sangat memukul berbagai bidang terutama perekonomian, kesehatan, pendidikan, dunia seni, dan hiburan serta bidang lainnya,” tulis Didi.

Kedua, dia berterima kasih dan mengapresiasi Jokowi serta jajaran Pemerintah yang berupaya menangani kondisi yang tak mudah ini. Didi menilai, Jokowi berani mengeluarkan kebijakan-kebijakan tak populer seperti PSBB di awal pandemi sampai dengan PPKM Darurat.

Ketiga, Diri Riyadi berbagi pendapat terkait adanya wacana perpanjangan PPKM Darurat. Didi mengaku telah mempelajari data sekunder maupun primer melalui pengamatan serta pengalaman berinteraksi dengan beberapa kalangan masyarakat.

“Termasuk kru yang biasa bekerja sama dengan saya maka sebagai salah seorang rakyat yang juga terkena imbas dari sejak awal wabah, saya berpendapat sebagai berikut: a) menolak perpanjangan PPKM Darurat Jawa dan Bali,” sambung Didi.

Didi Riyadi menolak wacana perpanjangan PPKM Darurat bukan tanpa alasan. Setidaknya ada dua alasan yang disampaikan bintang film Sebelah Mata dan Wanita Tetap Wanita.

“Simple saja, Pak. Sudah pasti banyak yang kena imbasnya terlebih lagi soal perut, banyak yang tidak bisa kerja, tidak bisa menafkahi keluarga,” aktor kelahiran Jakarta, 31 Juli 1981, membeberkan.

Faktanya, sejak awal pandemi sampai sekarang banyak usaha yang gulung tikar, karyawan di-PHK, seniman dan musisi tidak lagi bisa manggung.

“B. Ternyata PSBB, PPKM, atau pun hal sejenis, tidak juga mampu meredam penyebaran Covid-19,” urainya.

Setelahnya, Didi Riyadi menyimpulkan, Perpanjangan PPKM Darurat tidak akan bisa selesaikan wabah. Pilihannya, seperti buah simalakama mati karena wabah atau mati karena kelaparan.

Ternyata surat terbuka ini disambut baik oleh rekan artis yang lainnya. Mereka mendukung tindakan Didi Riyadi.

"Tulisan yang sangat bijaksana dan saya pun setuju. Bravo my brother," dukung Femmy Permatasari.

Sedangkan netizen lain juga ingin surat ini viral, sehingga pesan yang disampaikan dapat sampai ke sang Presiden.

"Terima kasih om didi telah mewakili suara dari rakyat kecil seperti kami," tulis seorang netizen.

"Bismillah ya bang, mudah-mudahan usulnya bisa diterima dengan baik," sambung yang lain.

"Alhamdulillah mewakili suara rakyat. Mas Didi Kami sangat-sangat menderita dan sengsara lahir batin mas merasakan dampaknya di Phk dan susah cari kerja," timpal yang lainnya. sinpo

Komentar: