Jokowi Minta Kepala Daerah Turun Langsung Cek Kesiapan Obat Hingga Oksigen

PPKM DARURAT

Laporan: Tisa
Kamis, 08 Juli 2021 | 08:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Tangkapan Layar
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Tangkapan Layar

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan Rumah Susun Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Rabu (7/7) malam.

Rusun Pasar Rumput tersebut nantinya akan digunakan untuk tempat isolasi pasien yang bergejala ringan dan orang tanpa gejala (OTG).

"Saya sengaja dengan Menteri PUPR dan juga Kepala BNPB datang langsung untuk mengecek kesiapan Rusun Pasar Rumput dalam rangka gunaannya untuk isolasi pasien pasien yang bergejala ringan dan OTG," kata Jokowi di Rusun Pasar Rumput.

Mantan Gubernur DKI itu menuturkan sebanyak 2.060  tempat tidur yang ada di Tower 1 sudah siap dipakai.

Kemudian sebanyak 5.950 tempat tidur di Tower 2 dan Tower 3 akan siap dipakai dalam dua hingga tiga hari kedepan.

"Kita cek tower 1 sudah siap untuk dipakai sebanyak 2.060 tempat tidur. Kemudian yang tower 2 dan tower 3 sebanyak 5.950 akan siap dalam 2 sampai 3 hari ini," ucap dia.

Kepala Negara mengatakan kesiapan tempat tidur di Rusun Pasar Rumput tersebut sebagai langkah pemerintah jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. 

"Kita harapkan dengan persiapan-persiapan seperti ini, kalau memang terjadi lonjakan kita sudah ada kesiapan," kata dia.

Jokowi juga meminta seluruh kepala daerah untuk turun langsung ke lapangan.

Yakni memantau kesiapan baik obat-obatan, fasilitas kesehatan, maupun tabung oksigen.

"Seluruh gubernur, bupati dan wali kota baik yang berada di pulau Jawa dan Pulau Bali maupun yang di luar Pulau Jawa semuanya untuk terus turun ke bawah mengecek lapangan, mengontrol kesiapan kesiapan. Baik untuk obat-obatan baik itu alat-alat kesehatan baik itu tabung tabung oksigen dan juga tempat-tempat persiapkan," tutur Jokowi. 

Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan dan seluruh relawan yang telah bekerja dalam menangani Covid-19.

"Kepada para dokter para tenaga kesehatan dan seluruh relawan-relawan yang telah bekerja pagi siang dan malam dalam rangka menangani pandemi Covid-19," ungkapnya.sinpo

Komentar: