Wapres: Pemerintah Targetkan 2023 Internet Dinikmati Seluruh Wilayah Indonesia

Laporan: Tisa
Jumat, 18 Juni 2021 | 17:10 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin/Tangkapan Layar
Wakil Presiden Maruf Amin/Tangkapan Layar

SinPo.id - Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan melalui kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), pemerintah mendorong national branding produk lokal unggulan, sehingga menciptakan industri, kreasi dan inovasi baru serta pasar yang lebih besar.

Kata Ma'ruf untuk menjangkau pasar yang lebih besar, Gernas BBI pada tahun 2020, telah berhasil mengikutsertakan 3,7 juta unit UMKM bergabung dengan platform online untuk memasarkan produknya, hal ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.a

"Pemasaran produk UMKM secara online diharapkan mampu menciptakan multiplier effects yang memberikan manfaat lebih besar dan lebih luas lagi bagi para pelaku UMKM sehingga mampu menyumbang pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian nasional," ucap Ma’ruf dalam sambutannya saat menghadiri Acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia bertema Kilau Digital Permata Flobamora secara daring, Jumat (18/6).

Maruf mengungkapkan komitmen Pemerintah untuk mengutamakan produk lokal UMKM dengan mewajibkan alokasi 40 persen bagi UMKM, dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Selain itu, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemandirian ekonomi nasional, Maruf menambahkan, melalui Gernas BBI, pemerintah menekankan pentingnya penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Lebih lanjut Maruf menjelaskan Gernas BBI juga diarahkan untuk mempersiapkan transformasi ekonomi menuju digitalisasi, maka dari itu penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi menjadi hal paling mendasar dan mutlak untuk dipenuhi. Pemerintah juga menargetkan pada tahun 2023, internet dapat dinikmati seluruh wilayah Indonesia.

"Melalui Proyek Strategis Nasional, dengan membangun jaringan backbone fiber optic Palapa Ring, dan Proyek Satelit Multifungsi Pemerintah. Diharapkan pada tahun 2023, seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet," kata Ma'ruf.

Dengan adanya jaringan koneksi internet di seluruh wilayah Indonesia, didukung dengan digitalisasi pemasaran, Ma'ruf berharap produk lokal mampu menembus pasar nasional dan bahkan pasar global.

Di samping itu, Ma'ruf menyampaikan bahwa Puncak Waringin yang menjadi venue kegiatan ini, merupakan Creative Hub di Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo-Nusa Tenggara Timur, yang akan menjadi pusat kegiatan bagi para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) dan UMKM, khususnya di propinsi NTT.

Karena itu ia mengimbau agar pelaku ekraf dan UMKM dapat lebih adaptif, kreatif dan inovatif menciptakan produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar serta dapat memasarkan produknya secara daring.

"Dalam era digital ini, UMKM juga harus memanfaatkan platform digital termasuk media sosial untuk mendukung perkembangan usahanya, serta mempermudah akses pada pembiayaan, distribusi dan pemasaran produknya," tutur Ma'ruf

Selain itu, mantan Ketua MUI itu juga secara resmi membuka acara tersebut dilanjutkan dengan menyampaikan harapannya terkait kegiatan ini

"Saya berharap, kegiatan ini dapat memberikan hasil yang nyata guna mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi, dan mendukung pemulihan pariwisata nasional, khususnya Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo, NTT," ungkapnya.sinpo

Komentar: