Soal Haji 2021, Don Dasco Benar

Oleh: Ali Lubis
Minggu, 13 Juni 2021 | 07:56 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/Ist
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/Ist

SinPo.id - Tidak adanya kuota haji 2021 yang akan dilaksanakan di Kota suci Mekkah Arab Saudi untuk negara lain bukan isapan jempol belaka.

Informasi awal yang diterima dan disampaikan oleh Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad atau akrab panggilan lain Don Dasco terbukti benar bukan Hoax.

Pembatalan pemberangkatan jemaah haji asal Indonesia yang di umumkan secara resmi menteri agama ramai, menimbulkan banyak opini macam-macam yang tidak berdasarkan fakta.

Tudingan pun berkeliaran di Media Sosial, bahkan Rocky Gerung pun ikut-ikutan membuat analisa aneh dan sok tau terkait adanya pembatalan pemberangkatan jemaah haji ini.

Bahkan, Rocky mengaitkan nya dengan permasalahan yang dialami oleh Habib Rizieq Syihab (HRS), lalu mengaitkan dengan adanya permasalahan diplomasi Indonesia terhadap Arab Saudi dan seterusnya.
Ironisnya terkait persoalan diplomasi tersebut ternyata dibantah langsung oleh Pihak Dubes Arab Saudi Mr. Essam Bin Abed Al Thaqafi saat mendatangi pihak MUI di Jakarta.

Secara Fakta akhirnya Pihak Kerajaan Arab Saudi mengumumkan Terkait kepastian Penyelenggaraan Haji 2021, dimana quotanya hanya untuk 60.000 jamaah saja. Dan itu terbatas untuk Jamaah Domestik saja yaitu Warga dan Ekspatriat yang ada di Arab Saudi.

Jelas dan tegas artinya tidak ada satu pun Negara selain Arab Saudi di dunia ini yang mendapatkan kuota untuk jamaah haji tahun 2021.

Informasi terkait penyelenggaraan ibadah haji tersebut langsung disampaikan oleh Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud kepada Menlu Indonesia ibu Retno melalui sambungan telpon.

So, sebaiknya sekarang sudahi dalam menganalisa aneh-aneh terkait adanya pembatalan pemberangkatan jamaah haji 2021.

Mari kita kembali fokus dan bekerjasama dengan semua elemen anak bangsa dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Ali Lubis, SH
Praktisi Hukumsinpo

Komentar: