NasDem Ingin Jalur Sepeda di DKI Tidak Jadi Ajang Pamer

Laporan: Lilis
Rabu, 09 Juni 2021 | 17:26 WIB
Ketua DPP Partai NasDem bidang Pemuda dan Olahraga Moh. Haerul Amri (Dok. Instagram mohaerulamri)
Ketua DPP Partai NasDem bidang Pemuda dan Olahraga Moh. Haerul Amri (Dok. Instagram mohaerulamri)

SinPo.id - Selama sepekan sejak Senin (7/6), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar uji coba road bike menggunakan jalur kendaraan bermotor di Jalan Sudirman-Thamrin. Partai NasDem memberikan dukungannya terhadap kebijakan yang diterapkan Pemprov DKI tersebut. 

Ketua DPP Partai NasDem bidang Pemuda dan Olahraga, Moh. Haerul Amri menilai, langkah yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat bagus sekali. “Karena bersepeda selain ada nilai olahraga, juga bagian dari moda transportasi yang sudah menjadi budaya di Indonesia,” kata Amri, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/6).

“Kita tahu di Jakarta sebelumnya ada ojek sepeda yang sangat membantu masyarakat sebagai moda transportasi,” sambungnya.

Menurut Sekjen DPP Garda Pemuda Partai NasDem itu, bersepeda bagi Jakarta sebagai ibu kota negara, akan menjadi tradisi baru dan menjadi pilot project bagi daerah-daerah lain. Dengan semakin maraknya pengendara sepeda, maka setidaknya akan mengurangi polusi di Jakarta.

Hanya saja, Amri mengingatkan, Pemprov DKI Jakarta perlu membuat aturan khusus bagi sepeda yang melintas di jalur kendaraan bermotor untuk tidak menjadi ajang pamer, sehingga jalur yang dikhususkan bagi sepeda menjadi baik. “Sejauh ini grup-grup sepeda banyak bermunculan, diharapkan manfaatnya juga bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat DKI Jakarta,” bebernya.

Uji coba road bike di Jalan Sudirman-Thamrin berlaku selama 1,5 jam mulai 05.00-06.30 WIB. Uji coba tahap awal akan dilakukan seminggu ke depan Senin hingga Jumat pagi. Untuk tahap uji coba pesepeda road bike menggunakan lajur paling kiri dari jalur kendaraan bermotor, bersisian dengan jalur sepeda permanen yang sudah dibuat.sinpo

Komentar: