Sah! 1.271 Pegawai KPK Yang Lolos TWK Resmi Jadi ASN

Oleh: Agam
Selasa, 01 Juni 2021 | 16:13 WIB
Pelantikan Pegawai KPK menjadi ASN/YouTube KPK
Pelantikan Pegawai KPK menjadi ASN/YouTube KPK

SinPo.id - Sebanyak 1.271 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) resmi menjadi aparatur sipil negara (ASN). Mereka disumpah untuk mengabdi kepada negara sebagai ASN.

"Bahwa saya akan mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan kepada saya, dengan penuh pengabdian dan kesadaran," ujar para pegawai KPK mengikuti ucapan Ketua KPK, Firli Bahuri di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Selasa, (1/6/2021).

Pegawai juga menyampaikan sumpah untuk setia dengan negara, Pancasila, dan undang-undang yang berlaku. Mereka juga disumpah menjaga rahasia negara dalam pekerjaannya.
 
Para pegawai juga berjanji bekerja dengan sungguh-sungguh setelah menjadi ASN. Mereka bersumpah  tidak memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi yang bisa merugikan orang lain.

Usai disumpah pegawai KPK diminta menandatangani pakta integritas. Sekjen KPK Cahya Harefa dan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menjadi yang pertama disumpah dan menandatangani pakta integritas. Usai tanda tangan mereka diberikan seragam dan tanda pengenal pegawai negeri.

Adapun prosesi pelantikan hanya dihadiri 53 pegawai dan pejabat struktural KPK sebagai perwakilan. Rangkaian acara terdiri dari Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS dan Sumpah/Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Madya, serta Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator.

Prosesi pelantikan dihadiri para pimpinan KPK dan Dewan Pengawas (Dewas), mereka di antaranya adalah Wakil KPK Nurul Ghufory, Lili Pintauli Siregar, dan Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean beserta anggotanya.

Selain itu turut hadir Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, perwakilan Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian PAN RB.sinpo

Komentar: