440.014 Pemudik Menyebrang dari Merak ke Bakaheuni

Laporan: Tisa
Sabtu, 15 Mei 2021 | 14:35 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo/Tangkapan Layar
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo/Tangkapan Layar

SinPo.id, Bakaheuni- Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan sebanyak 440.014 pemudik yang menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakaheuni.

 

Doni menuturkan jumlah pemudik tersebut dari tanggal 22 April sampai 14 Mei 2021.

"Ada 440.014 orang yang telah melakukan perjalanan dari Merak menuju ke Bakauheni," ujar kata Doni dari siaran Youtube BNPB, Sabtu (15/5).

 

Doni juga memprediksi 440.014 pemudik tersebut akan kembali di waktu yang bersamaan.

 

"Diprediksi angka ini mungkin akan kembali pada waktu yang relatif tidak terlalu lama mungkin dalam waktu yang relatif bersamaan," tutur Doni.

 

Lebih lanjut, Kepala BNPB menyebut pihaknya juga sudah melakukan langkah-langkah antisipasi terkait kepulangan pemudik.

 

Diantaranya meningkatkan SDM dengan memperkuat petugas swab dari daerah dan pusat, mengoptimalkan seluruh kapal veri, dermaga, hingga pemberian logistik di ruas tol, non tol dan Pelabuhan Bakaehuni. 

 

"Mengoptimalkan seluruh kapal veri yang ada sebanyak 69 unit. Kemudian dermaga diminta semuanya beroperasi full sebanyak 7 dermaga. Kemudian logistik yg ada di semua pos-pos pemeriksaan baik yang ada di ruas jalan tol maupun yang ada di non tol serta di pelabuhan Bakauhen. Kita harapkan bisa optimal termasuk pembagian waktu  untuk petugas supaya bisa lebih optimal yaitu tiga sift sehingga mereka tetap fresh," ungkapnya.sinpo

Komentar: