Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat Ied

Laporan: Vera
Selasa, 11 Mei 2021 | 20:37 WIB
Masjid Istiqlal Jakarta/Foto: www.beritajakarta.id
Masjid Istiqlal Jakarta/Foto: www.beritajakarta.id

SinPo.id, Jakarta - Badan Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta memutuskan tidak menggelar Salat Idul Fitri atau Ied 1442 Hijriah. 

Keputusan ini diambil mengingat situasi pandemi COVID-19 masih belum menunjukkan status landai, dikutip dari www.beritajakarta.id, Selasa (11/05).

Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar mengatakan, peniadaan Salat Idul Fitri ini setelah menganalisis perkembangan di internal dan eksternal Istiqlal serta perkembangan COVID-19. 

"Dalam pertemuan rapat tadi, kami memutuskan Istiqlal untuk tidak menyelenggarakan Salat Idulfitri," ujar Nasaruddin dalam siaran pers.

Ia mengungkapkan, sebelumnya Masjid Istiqlal membuka kesempatan pelaksanaan Salat Idul Fitri dengan jumlah jemaah 10 persen dari 250 ribu kapasitas jamaah masjid. 

Namun, kata Nasaruddin, setelah diadakan simulasi di lantai II masjid, ternyata tetap bakal ada titik temu yang bisa menimbulkan kerumunan.  

"Mengantisipasi perkembangan yang terjadi, kami menyimpulkan pelaksanaan Salat Ied di Masjid Istiqlal belum dapat diselenggarakan," ucap dia.

Nasaruddin meminta maaf kepada segenap jemaah, simpatisan, serta pecinta Masjid Istiqlal karena belum bisa membuka kembali aktivitas Salat Ied. 

Ia berharap Idul Adha nanti keadaan mulai membaik dan akan kembali dibuka untuk umum.

"Mudah-mudahan Idul Adha nanti keadaan sudah lebih baik, maka kita akan buka untuk umum. Saya tahu sudah banyak sekali yang merindukan masjid Istiqlal yang sudah indah dan cantik seperti ini, tetapi kondisi kita tidak memungkinkan untuk melaksanakan Idulfitri ini," tutup Nasaruddin.sinpo

Komentar: