PPP: Jangan Lagi Berpikir Ada Hubungan Diplomatik dengan Israel

Laporan: Lilis
Senin, 10 Mei 2021 | 10:44 WIB
Arsul Sani (Dok. Instagram arsul_sani_af)
Arsul Sani (Dok. Instagram arsul_sani_af)

SinPo.id - Wakil Ketua MPR Fraksi PPP Arsul Sani menyikapi tindak kekerasan oleh aparat keamanan Israel terhadap warga Palestina, khususnya umat Islam yang sedang beribadah di Masjid Al-Aqsa. Ia meminta agar seluruh elemen pemerintahan tidak ada lagi yang berpikir tentang menjalin hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel. 

"Meskipun hubungan diplomatik seperti itu bisa jadi ada manfaat ekonomisnya bagi Indonesia," kata Arsul dalam keterangannya, Senin (10/5/2021).

Bagi PPP, ia menegaskan tindakan kekerasan brutal yang berulang terhadap warga Palestina, kali ini khususnya terhadap umat Islam yang akan melakukan ibadah salat di Masjidil Aqsa, merupakan watak asli pemerintahan zionis Israel yang tidak peduli terhadap concern dunia internasional.

"Karenanya, jika masih ada unsur-unsur pemerintahan yang berpikir tentang opsi membuka hubungan diplomatik dengan Israel atau bahkan jika ada yang diam-diam melakukan hubungan-hubungan dengan Israel, maka mereka itu melupakan salah satu cita-cita bernegara yang tercantum dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yakni ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi, kemerdekaan dan keadilan sosial," katanya.

Sebagai bentuk konsisten dukungan dan solidaritas terhadap umat Islam Palestina,  PPP juga meminta kepada Pemerintah RI khususnya Kemlu untuk tak hanya berhenti pada statement mengecam atau mengutuk keras tindak kekerasan Israel. Tetapi juga melakukan langkah-langkah penggalangan diplomatik untuk menekan Israel. 

"Apalagi kecaman yang sama juga dilakukan oleh sejumlah negara non muslim seperti Selandia Baru, Skotlandia, dan lainnya," katanya.sinpo

Komentar: