Ajak Masyarakat Lebaran Online, Menkominfo Pastikan Kualitas Internet

Oleh: Agam
Sabtu, 08 Mei 2021 | 23:08 WIB
Menkominfo, Johnny G Plate/Dok. Kemenkominfo
Menkominfo, Johnny G Plate/Dok. Kemenkominfo

SinPo.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Jhonny G Plate mengajak masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik lebaran. Sebagai gantinya, dia mengajak masyrakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah secara online.  Ajakan ini sebagai salah satu bentuk perjuangan pemerintah dalam menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia.

"Kita canangkan bersama-sama melakukan lebaran tahun ini sebagai lebaran digital. Lebaran digital itu keren," ajak Menkominfo dalam keterangannya pada Sabtu, (8/5).

Menurut Jhonny, silaturahmi secara online melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna silaturahmi yang sebenarnya. Masyarakat tetap mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan para sanak saudara yang berada nun jauh di sana dengan gawainya.

"Merayakan acara hari besar hari lebaran nanti secara virtual tetap meriah. Dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada," katanya.

Jhonny menjelaskan, peniadaan mudik menjadi upaya tegas dan tepat Pemerintah untuk memastikan Indonesia segera beranjak dari pandemi. Johnny berharap, masyarakat yang menjalankan ibadah puasa dan akan menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan tidak mudik membawa berkah bagi Indonesia dalam menyelesaikan pandemi Covid-19.

Untuk mewujudukan lebaran secara online, Johnny memastikan, jaringan telekomunikasi yang berkualitas dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di berbagai wilayah.

"Hal ini penting, demi kelancaran proses lebaran digital yang menjadi pilihan perayaan hari raya tahun ini,” katanya.

Dengan menggandeng sejumlah operator layanan telekomunikasi seluler, Kemenkominfo akan menyediakan trafik paket data (bandwith) yang sangat besar.  Semua itu, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tengah melakukan lebaran secara online melalui aplikasi-aplikasi daring yang ada.

"Lebaran sebaiknya dengan memanfaatkan teknologi, kami menyiapkan bandwith yang cukup besar untuk menjaga agar komunikasi tetap dilakukan secara berkualitas," tuturnya.

Johnny berharap, masyarakat dapat yang merayakan Hari Raya Idul Fitri secara online dapat bersuka cita. Karena, dapat melakukan komunikasi dengan sanak saudara melalui sambungan telekomunikasi berkualitas dalam beberapa waktu ke depan. sinpo

Komentar: