Kerumunan Pasar Tanah Abang, Pemda Harus Arahkan Pengelola Terapkan Prokes

  • Laporan:

Sinpo.id, Ketua MPR Bambang Soesatyo menanggapi terjadinya kerumunan yang cukup membludak di Pasar Tanah Abang Jakarta tanpa memperhatikan protokol kesehatan. Ia meminta kepada masyarakat agar benar-benar waspada, dan tidak boleh lengah ataupun menyepelekan, walaupun kegiatan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan menyambut hari raya Idul Fitri 1442 H.

"Sebab kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan penerapan protokol 5M dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan, dikarenakan herd immunity atau kekebalan imunitas belum tercipta secara sempurna dan menyeluruh," katanya dalam keterangannya, Senin (3/5/2021).

Ia meminta pemerintah pusat berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar tidak abai dalam menanggulangi Covid-19 dan terus melakukan perkembangan persentase kasus aktif, progres pembentukan posko, dan perkembangan zonasi risiko.

"Pemerintah daerah harus mengarahkan pengelola tempat publik dan wisata untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan batasan-batasan dan persyaratan kunjungan masyarakat ke tempat publik atau wisata tersebut, seperti memastikan bahwa pengunjung harus menjaga jarak juga membatasi jumlah pengunjung, disamping menjelaskan menjaga jarak juga merupakan protokol kesehatan, bukan hanya sekedar memakai masker, serta pembatasan jumlah pengunjung," katanya.

"Meminta pemerintah daerah agar mengoptimalisasikan posko-posko covid-19 agar efektif dalam menekan penularan, yaitu dengan melakukan pemantauan, sosialisasi, dan edukasi kepada masyarakat," katanya.



Berita Terkait

Tinggalkan Komentar