Hardiknas, Dewan Pakar Gerindra: Pendidikan Pintu Menuju Pengetahuan dan Masa Depan

Laporan: Tisa
Senin, 03 Mei 2021 | 13:27 WIB
Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo S/Repro
Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo S/Repro

SinPo.id, Jakarta - Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo S mengatakan pendidikan merupakan pintu menuju ke dunia pengetahuan dan pintu menuju masa depan.

"Pendidikan adalah pintu dunia pengetahuan pendidikan adalah pintu menuju masa depan dalam dunia pendidikan," tulis Bambang dalam akun instagram pribadinya @bambangharyos yang dikutip SinPo.id, Senin (3/5).<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/clipdata/clipdata_bodytext_210503_132157_475.sdocx-->


Ia pun menyebut sosok yang paling berjasa di dunia pendidikan yakni Ki Hajar Dewantara.

"Dalam dunia pendidikan ada sosok yang paling berjasa beliau adalah "Ki Hajar Dewantara" pahlawan nasional yang lahir di Pakualaman pada tanggal 2 Mei 1889," kata Bambang.

Mantan Anggota DPR itu menyebut Ki Hajar Dewantara merupakan pelopor pendidikan Indonesia.

"Beliau adalah pelopor pendidikan di Indonesia yang mencetuskan semboyan Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani," ucap dia.

Bahkan Ki Hajar Dewantara kata Bambang berusaha untuk memperjuangan pendidikan dan berperan penting dalam kemajuan pendidikan Indonesia. 

"Beliau (Ki Hajar Dewantara) juga berusaha keras untuk memperjuangkan pendidikan dan berperan penting dalam kemajuan pendidikan di Indonesia sehingga beliau dikenal sebagai bapak pendidikan Nasional Indonesia," tutur Bambang.

Tak hanya itu, Bambang menuturkan dalam undang-undang 1945 pasal 31 menyatakan bahwa pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara.

Tetapi pendidikan dasar kata Bambang merupakan kewajiban yang harus diikuti oleh setiap warga negara dan pemerintah wajib membiayai kegiatan tersebut

"Karena pendidikan adalah aset daripada setiap manusia baik pendidikan formal, jasmani maupun rohani. Pendidikan sangat penting untuk dimiliki oleh manusia terutama bangsa ini, sehingga bangsa ini menjadi bangsa yang besar karena pendidikan," tutur Bambang.

Melalui instagramnya, ia juga menyampaikan ucapan peringatan Hari Pendidikan Nasional. 

"Selamat hari pendidikan Nasional 2 Mei 2021" Serentak bergerak wujudkan merdeka belajar," tandasnya.<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/clipdata/clipdata_bodytext_210503_132005_946.sdocx-->sinpo

Komentar: