Anies Larang Pedagang Pasar Tanah Abang Berjualan di Luar

Laporan: Vera
Senin, 03 Mei 2021 | 09:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

SinPo.id, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin perekonomian di Ibu Kota tetap berjalan dengan baik di tengah pandemi COVID-19. Hal ini menyusul dengan ramainya Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat menjelang Lebaran.

Anies mengingingkan roda perekonomian berputar dengan baik di pasar namun tetap dengan patuh pada protokol kesehatan (prokes) ketat.

Melihat ramainya pengunjung Pasar Tanah Abang, Anies pun membuat kebijakan dengan melarang pedagang berjualan di pinggir trotoar.

“Kita ingin roda perekonomian berputar di pasar dengan tertib, kepada teman-teman pedagang silakan berjualan di dalam gedung yang sudah disediakan,” ujar Anies melalui akun sosial media Instagram miliknya @aniesbaswedan, Minggu, 2 Mei 2021.

Selain itu, Anies pun mempersilahkan kepada seluruh masyarakat agar tidak hanya berbelanja di pasar lain, tak melulu di Tanah Abang.

“Kepada masyarakat yang ingin berbelanja, kami ingatkan masih banyak pasar lainnya di Jakarta, jangan memaksakan ke Tanah Abang jika sudah penuh, atau berbelanjalah di toko-toko daring yang pasti lebih aman,” jelas dia.

Sebelumnya, guna mengendalikan kerumunan di Pasar Tanah Abang pada Minggu, 2 Mei 2021, sekitar 5.000 personel gabungan unsur Polri, TNI, dan Satpol PP dikerahkan untuk mengawasi pengunjung, yang sejak kemarin Sabtu, 1 Mei 2021 mengalami lonjakan sekitar 87 ribu orang, dari yang biasanya yang hanya berkisar 35 ribu orang. 

“Bahkan, hari ini diperkirakan mencapai 100 ribu pengunjung,” jelas Anies.sinpo

Komentar: