Momen Anies-Sandi Reunian Sambil Dampingi Jokowi Tinjau Vaksinasi

Vaksinasi Pekerja Seni

Oleh: Rere
Senin, 19 April 2021 | 11:46 WIB
Momen Jokowi swafoto bersama Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.(Ist)
Momen Jokowi swafoto bersama Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.(Ist)

sinpo, Jakarta -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi massal untuk seniman dan budayawan di Galeri Nasional Indonesia, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, (19/4/2021).

Berdasarkan pantauan di live streaming YouTube Channel Sekretariat Presiden, Jokowi ditemani Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Pertemuan Anies dan Sandi hari ini seolah mengingatkan kembali pada panasnya pertarungan Pilkada DKI Jakarta 2017 silam. Di mana, Anies-Sandi memenangkan Pilkada 2017. Namun, Sandi memilih menanggalkan jabatan Wagub DKI Jakarta demi bertarung di Pilpres 2019 menemani Prabowo Subianto.

Masih berdasarkan pantauan YouTube, momen tak biasa pun terjadi dalam kegiatan tersebut. Di mana, Jokowi nampak berswafoto Sandi, Anies, dan peserta vaksinasi.

Mulanya, Jokowi meninjau jalannya vaksinasi mulai dari meja registrasi, skrinning, penyuntikan, hingga observasi. Kemudian, Jokowi berbincang dengan peserta vaksinasi yang tak lain adalah budayawan. Lalu di akhir perbincangan, Jokowi diajak selfie oleh peserta bersama Anies-Sandi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengingatkan bahwa hingga saat ini pandemi covid-19 belum berlalu. Karena itu, kewaspadaan dan patuh terhadap protokol kesehatan adalah hal mutlak yang harus dilakukan.

"Kita harus menyampaikan apa adanya bahwa pandemi covid masih ada dan nyata di negara kita. Oleh sebab itu kita tetap harus ingat dan waspada, eling lang waspodo, tetap tidak boleh lengah, tidak boleh menyepelekan yang namanya covid," kata Jokowi dalam sambutannya pada Senin, (19/4/2021).

Menurut Jokowi, saat ini kurva penularan covid-19 di Tanah Air memang sudah menurun. Untuk mempertahankan hal baik itu diperlukan kedisiplinan yang konsisten dari semua pihak. Selain disiplin prokes, hal lain yang harus dilakukan adalah vaksinasi. 

Jokowi berharap, dengan vaksinasi hari ini, para pekerja seni dan budaya tidak terpapar oleh virus covid-19.

"Alhamdulllah kita bersama-sama dengan para seniman, budayawan, artis, musisi, dari teater, dari seni tradisi semuanya berkumpul di sini untuk divaksinasi dan kita harapkan beliau semuanya bisa terlindungi dan tidak terpapar covid-19, sehingga bisa beraktivitas seperti biasa," katanya.

Menanggapi hal itu, salah seorang Budayawan Slamet Rahardjo mengatakan pandemi mengajarkan masyarakat hidup sehat dan bersih. Kemudian, program vaksinasi oleh negara secara gratis adalah bukti bahwa pemerintah hadir di tengah rakyatnya.

"Presiden mendukung vaksinasi yang diberi gratis, artinya kami para seniman dapat lebih berkreasi lebih baik lagi, kita harus sehat demi Republik Indonesia," jelas Slamet usai divaksinasi.

Hal senada disampaikan oleh musisi Bimbim Slank. Dia menyambut baik vaksinasi hari ini. Menurut dia, dengan vaksinasi akan semakin cepat mengentaskan pandemi di Tanah Air.

"Dari awal saya sudah nunggu giliran, karena biar tidak tertular dan berkreasi kembali, biar cepat pandemi dan jangan takut, insyaAllah nggak ada efek," Bimbim memungkasi.sinpo

Komentar: