Menhub Ungkap Peran Ambon New Port dalam Sektor Perikanan Terintegrasi

Laporan: Tisa
Senin, 29 Maret 2021 | 19:47 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, selepas rapat terbatas, Senin (29/3/2021). (Foto: Biro Pers Setpres)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, selepas rapat terbatas, Senin (29/3/2021). (Foto: Biro Pers Setpres)

sinpo, JAKARTA - Saat ini pemerintah sedang melakukan proses penbangunan Ambon New Port di Kota Ambon, Provinsi Maluku. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Ambon New Port yang terintegrasi dengan kawasan industri ikan akan mendukung rencana pembangunan satu lumbung ikan nasional di kawasan timur Indonesia.

Pasalnya, potensi sektor perikanan di Indonesia sangatlah besar, utamanya di kawasan Indonesia Timur. Pemerintah akan memaksimalkan potensi tersebut agar benar-benar tergarap dan memberikan sumbangsih besar bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

"Pemerintah akan mulai melakukan pembebasan lahan di mana selanjutnya pembangunan akan dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha dan diperkirakan akan memakan waktu selama kurang lebih dua tahun pembangunan," kata Budi saat menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, selepas rapat terbatas, Senin (29/3/2021).

Budi menambahkan, untuk mewujudkan satu sentra lumbung ikan nasionak tak cukup hanya mengembangkan pelabuhan-pelabuhan yang ada, tetapi memerlukan satu pelabuhan yang berada di kawasan industri.

Setelah memulai pembebasan tanah 200 hektare, pemerintah akan mempersiapkan infrastruktur dasar dan melakukan lelang KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha) dengan investasinya kurang lebih Rp 5 triliun.

"Tahap awal untuk Rp1,3 triliun," ucapnya.

Ke depannya, kawasan terintegrasi tersebut akan dapat dikembangkan hingga mencapai 900 hektare di mana pihak swasta, melalui skema KPBU, akan melakukan pembebasan lahan untuk 700 hektare lainnya.

Adapun Presiden Joko Widodo sendiri sebelumnya sudah mengunjungi Kota Ambon untuk meninjau pelabuhan di sana dan berdialog dengan para pelaku usaha penangkapan ikan.

"Sembari menunggu selesai pembangunan Ambon New Port, pemerintah juga akan memfungsikan dan mengoptimalkan dua pelabuhan yang ada di Kota Ambon, yakni Pelabuhan Yos Sudarso dan Perikanan Nusantara sebagai bagian restrukturisasi cara-cara perhitungan penangkapan ikan," tegasnya.sinpo

Komentar: