Resmi! Aprilia Manganang Berganti Nama Menjadi Aprilio Perkasa Manganang

Laporan: Tisa
Jumat, 19 Maret 2021 | 18:44 WIB
Aprilio Manganang di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Jumat (19/3/2021).
Aprilio Manganang di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Jumat (19/3/2021).

sinpo, JAKARTA - Sersan Dua (Serda) Aprilia Santini Manganang resmi berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang. Ini dilakukan setelah Pengadilan Negeri Tondano mengabulkan pergantian nama yang diajukan oleh Aprilia.

"Menetapkan pergantian nama pemohon yang semula bernama Aprilia Santini Manganang berubah menjadi nama Aprilio Perkasa Manganang," ujar Majelis Hakim Nova Loura Sasube dalam sidang virtual, Jumat (19/3/2021).

Persidangan tersebut juga mengabulkan permohonan perubahan jenis kelamin secara hukum, dari perempuan menjadi laki-laki. Keputusan itu diambil setelah menimbang sejumlah bukti dan mendengarkan keterangan para saksi dan ahli.

Nova kemudian memerintahkan panitera untuk mengirimkan salinan keputusan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sangihe agar data administrasi kependudukan Aprilia dapat disesuaikan sesuai hasil sidang.

"Memerintahkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sangihe untuk mencatat dalam register yang bersangkutan perubahan jenis kelamin pemohon Aprilia yang semula berjenis kelamin perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki," kata Nova.

Aprilia sebelumnya diketahui mengidap hipospadia atau kelainan pada alat kelamin, sehingga sejak lahir ia diidentifikasi sebagai perempuan. Selama ini, ia pun berkarir sebagai atlet voli putri hingga akhirnya pensiun dan menjalankan tugas sebagai prajurit TNI Angkatan Darat.sinpo

Komentar: