Calon Kapolri Listyo Sigit Akan Utamakan Moderasi Agama Soal Kamtibnas

Laporan: Lilis
Rabu, 20 Januari 2021 | 14:23 WIB
Komjen Listyo Sigit (Dok. DPR RI)
Komjen Listyo Sigit (Dok. DPR RI)

sinpo - Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit menjalani uji kelayakan dan kepatutan bersama komisi III DPR RI. Dalam soal kamtibnas, ia memastikan akan mengarusutamakan moderasi beragama. 

"Jadi, perlu dilakukan kolaborasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas-ormas berbasis agama, dan para pemangku kepentingan lainnya," kata Listyo di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Ia juga menilai dalam kamtibnas perlu melibatkan para ahli dan civil society. Diantaranya juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas pemahaman Pancasila sebagai ideologi negara yang memberikan jaminan keamaman kepada seluruh masyarakat, termasuk jaminan beribadah. 

"Di sini, bagaimana upaya polri bersinergi dengan tokoh agama yang ada di Banten, sinergi umaroh dan ulama, akan kita lakukan sehingga ke depan kita akan mencegah dengan bersinergi dengan masyarakay yang ada terkait hal-hal yang berdampak pada intoleransi dan radikalisme," katanya.

Lalu untuk pemerliharaan kamtibnas dari bahaya terorisme, ia akan mengupayakan deteksi aksi sebagai langkah utama. Tentunya bekerja sama dengan BNPT, civil sosiety, tokoh agama, tokoh masyarakat, dengan sasaran kesejahteraan, psiko sosial dan doktrin. 

"Melibatkan mantan napiter memberikan edukasi agar masyarakat sekitarnya tak terpapar aliran baik itu radikalisme baik ajaran yang mengarah terorisme. Namun, membahayakan keamanan dan ekselamatan rakyat polri akan melakukan tindakan tegas," katanya.sinpo

Komentar: