Puan Maharani Buka Pameran Foto Warna-Warna Parlemen #9

Foto Parlemen

Oleh: ria
Jumat, 11 Desember 2020 | 13:27 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani membuka pameran foto wartawan parlemen #9 2020, di Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Jumat (11/12/2020)
Ketua DPR RI Puan Maharani membuka pameran foto wartawan parlemen #9 2020, di Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Jumat (11/12/2020)

sinpo, JAKARTA, Ketua DPR RI Puan Maharani membuka pameran foto parlemen yang digelar oleh Wartawan Foto Parlemen (WFP) bertema ‘Pameran Foto Warna-Warni Parlemen #9 2020. Puan didampingi Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, Rachmat Gobel, dan A. Muhaimin Iskandar.

Pameran foto yang berlangsung di Lobby Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, pada Jumat (11/12/2020). Foto tersebut merekam berbagai macam peristiwa yang dilakukan oleh wakil rakyat selama setahun di Parlemen.

Dalam acara tersebut Puan menilai kalau anggota dan pimpinan DPR RI selama pandemi covid-19 ini terus bekerja dan berkarya untuk rakyat. “Khususnya dalam upaya mencegah penyebaran covid-19 dan pemulihan ekonomi,” ujarnya.  

Dalam sambutannya Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen, Marlen Erikson Sitompul, berharap kegiatan pameran foto yang berlangsung di tengah pandemi covid-19 ini akan memberikan insipirasi bagi seluruh anggota DPR untuk bekerja untuk rakyat.

“Pameran foto ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk anggota DPR RI dan wartawan dalam sinergi mewujudkan parlemen modern ke depan,” ungkap Marlen.

Ketua Panitia Pameran Foto, Didik Setiawan mengatakan pameran foto ini sebagai potret kinerja DPR RI mulai dari transisi perpindahan pimpinan antara Bambang Soesatyo ke Puan Maharani, hingga dinamika yang terjadi saat pembahasan undang-undang yang banyak mendapat perhatian masyarakat luas.

Melalui pameran foto di tahun ke-9 ini kata Didik, sebanyak 15 pewarta foto dari 14 media mengekspresikan karyanya yang sudah rutin digelar dari tahun ke tahun. Pameran ini bertujuan agar anggota DPR mendapatkan masukan, saran, dan kritik yang konstruktif, utamanya dalam bentuk visual.

Menurut Didik, di tengah pandemi Covid-19 ini, kerja pewarta foto benar-benar dibuat semakin menantang. Work From Home atau yang kita kenal dengan WFH adalah kata yang mustahil bagi sejumlah pewarta foto. Oleh sebab itu, melalui pameran ini kami berharap penerapan protokol kesehatan yang ketat di Parlemen juga diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai agar para pewarta yang biasa meliput di parlemen dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Semoga DPR dapat memberikan sistem dan mekanisme yang baik agar teman-teman wartawan dapat meliput dengan baik, sehat dan aman,” kata Didik.

Dari  1246 foto yang masuk, terpilih 101 foto yang dikuratori oleh fotografer senior Media Indonesia, Susanto. Tak lupa, pada pameran ini Wartawan Foto Parlemen juga mengenang wafatnya fotografer senior Detikcom Lamhot Aritonang, yang juga merupakan pewarta foto senior yang juga kerap meliput di Parlemen. “Lewat pameran ini kami juga menggalang donasi untuk kepergian senior kami Lamhot Aritonang, semoga dapat sedikit meringankan beban keluarga kecilnya” tambah Didik.

Karena itu, WFP mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan DPR, pengurus dan anggota Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP), juga kepada Biro Pemberitaan Parlemen yang sudah memberikan dukungannya. “Pameran foto bertajuk “Parlemen New Normal” ini berlangsung mulai  Jumat (11/12) hingga Rabu (16/12) mendatang,” pungkasnya.sinpo

Komentar: