Pramono Dorong Kemudahan Izin dan Kolaborasi untuk Majukan Ekonomi Kreatif
SinPo.id - Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung menegaskan komitmennya untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di ibu kota melalui kemudahan perizinan dan kolaborasi lintas sektor.
Hal itu Pramono sampaikan saat membuka ajang Urban Sneaker Society (USS) Jakarta 2025 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat, 7 November 2025.
Pramono mengatakan pemerintah daerah kini berupaya hadir secara aktif dalam setiap kegiatan kreatif yang berdampak ekonomi.
“Saya mengharapkan kepada USS untuk terus berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta. Kami sangat terbuka dan akan memberikan kemudahan," kata Pramono.
"Sekarang ini saya mendorong hampir semua event di Jakarta, seperti lari, musik, dan acara seperti ini pemerintah harus hadir, bukan mempersulit,” sambungnya.
Menurut dia, keterlibatan pemerintah bukan hanya dalam bentuk dukungan fasilitas, tetapi juga penyediaan ruang publik dan koordinasi antarinstansi agar penyelenggara acara tidak terbebani birokrasi.
“Kemudahan perizinan dan dukungan lintas sektor menjadi kunci terselenggaranya berbagai kegiatan publik yang membawa manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat,” tuturnya.
Pramono berharap penyelenggaraan USS 2025 dapat menjadi contoh kolaborasi yang berdampak luas bagi sektor kreatif di Jakarta.
“Saya mendoakan mudah-mudahan acara ini dihadiri lebih dari 45 ribu orang dan yang saya surprise ternyata dari tadi malam sudah banyak yang mengantre. Ini merupakan tanda-tanda baik dan mudah-mudahan ini membawa kebaikan bagi kita semua,” ujar Pramono.
Sementara itu, CEO USS Network, Sayid Muhammad, menyambut baik dukungan Pemprov DKI terhadap pelaku industri kreatif. Dia mengatakan Urban Sneaker Society tahun ini menampilkan sekitar 320 tenant, dengan 80 persen di antaranya merupakan merek lokal.
“Kami ingin menunjukkan bahwa brand lokal mampu sejajar dengan brand internasional,” ujar Sayid.
Menurut Sayid, kolaborasi antara merek lokal dan desainer luar negeri menunjukkan potensi besar produk kreatif Indonesia.
“Banyak brand lokal yang bekerja sama dengan desainer dari Jepang, Amerika, Singapura, dan Malaysia. Acara ini alhamdulillah sudah bisa menjadi event global,” ucapnya.
Adapun Urban Sneaker Society 2025 digelar pada 7–9 November 2025 dengan tema “The name got shorter, the vision got bigger.” Ajang tahunan ini menampilkan berbagai brand dari kategori fashion, sport, home living, hingga food & beverage.
