Buka Saluran Aduan, BGN Ajak Masyarakat Ikut Kawal Langsung MBG
SinPo.id - Wakil Kepala Badan Gizi Nasional (BGN) Nanik S. Deyang mengatakan, pihaknya secara resmi membuka saluran pengaduan (hotline) bagi masyarakat untuk pelaksanaan Program Makan Bergizi Gratis (MBG). Karena, keterlibatan masyarakat menjadi bagian penting dalam mengawasi jalannya program.
"Kami ingin pelaksanaan MBG berjalan transparan dan berkualitas. Karena itu, masyarakat diberi ruang untuk menyampaikan aduan maupun masukan," ujar Nanik di Jakarta, Minggu, 28 September 2025.
Menurutnya, partisipasi publik akan membantu pemerintah menindaklanjuti setiap temuan di lapangan secara cepat.
"Dengan adanya saluran aduan, masyarakat bisa ikut mengawal agar program tepat sasaran," ujarnya.
Kepala Biro Hukum dan Humas BGN, Khairul Hidayati menambahkan, hotline ini mulai melayani aduan setiap Senin-Jumat, pada pukul 09.00-22.00 WIB.
"Untuk memudahkan, kami menyediakan dua nomor yang bisa dihubungi, yakni 088293800268 (Operator 1) dan 088293800376 (Operator 2). Setiap laporan akan diverifikasi dan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku," kata Hida.
Selain menerima aduan, saluran ini juga berfungsi sebagai pusat informasi. Masyarakat dapat menghubungi hotline untuk menanyakan teknis program, distribusi pangan, maupun standar kualitas yang diterapkan dalam MBG.
Menurut Hida, transparansi dan partisipasi publik merupakan kunci keberhasilan MBG, yang tidak hanya meningkatkan gizi anak Indonesia, tetapi juga memberdayakan UMKM lokal sebagai penyedia pangan.

