Buka FORNAS VIII 2025, Menekraf Dorong Esports sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 28 Juli 2025 | 06:31 WIB
Menekraf Teuku Riefky Harsya membuka cabang esports OPT dalam FORNAS VIII 2025. (SinPo.id/Dok. Kemenekraf)
Menekraf Teuku Riefky Harsya membuka cabang esports OPT dalam FORNAS VIII 2025. (SinPo.id/Dok. Kemenekraf)

SinPo.id - Menteri Ekonomi Kreatif (Menekraf), Teuku Riefky Harsya resmi membuka cabang esports Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT) dalam Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) VIII 2025 di Mataram, NTB pada Sabtu, 26 Juli 2025.

Ajang ini diharapkan memperkuat industri gim Indonesia yang menyumbang 4 persen terhadap PDB ekonomi kreatif.

"Indonesia memiliki potensi untuk bersaing di industri esport yang syarat strategi, syarat teknologi dan syarat kreativitas," kata Riefky di Auditorium UIN Mataram.

Ajang yang digelar oleh Indonesia Esports Association (IESPA) ini berlangsung selama dua hari, pada 26 dan 27 Juli 2025. Tiga gim populer dipertandingkan dalam kompetisi ini, yaitu Honor of Kings, Tekken 8, dan eFootball.

Ketiganya dipilih karena mewakili genre yang beragam strategi tim, pertarungan individu, dan simulasi olahraga yang memiliki basis penggemar luas dan lintas usia.

Riefky mengatakan cabang esport dalam FORNAS 2025 ini bukan sekedar kompetisi, melainkan tempat di mana semangat olahraga, budaya, dan teknologi bertemu dalam satu harmoni kebahagiaan.

Ia menilai esport juga bagian penting dari ekonomi kreatif dan Indonesia telah membuktikan diri sebagai kekuatan baru dalam olahraga ini.

"Karir di esport juga tidak sebatas menjadi pemain profesional, ada peluang besar di bidang manajemen pemain, pengelolaan turnamen, showcasting, manajemen produksi, hingga analis data dan storytelling.

Inilah saatnya kita mengubah paradigma, dengan dukungan pemerintah terutama juga hari ini dengan pemerintah daerah, kerja keras komunitas, termasuk ketua-ketua di provinsi,” ujarnya.

Riefky menyampaikan kehadiran Kemenekraf sebagai bentuk penegasan bahwa industri game dan esports akan terus didukung secara mulai dari regulasi hingga promosi.

“Kami percaya bahwa dengan kolaborasi antara pemerintah, pemerintah daerah, komunitas akademisi, akademisi juga menjadi bagian dari ekosistem ini. Industri gim Indonesia bisa menjadi kekuatan besar di panggung esport dunia,” tambah Riefky.

Ketua Umum IESPA Nasional sekaligus Ketua Panitia FORNAS VIII NTB 2025, Ibnu Riza Pradipto, mengungkapkan kehadiran Riefky membuka perhelatan ini sebagai bukti bahwa Kementerian Ekonomi Kreatif fokus terhadap subsektor ekonomi kreatif, esports, dan gaming industri. 

Ia menjelaskan tugas IESPA bukan hanya menyosialisasikan, tetapi mengedukasikan esports dan gaming industri yang sudah menjadi subsektor ekonomi kreatif dan berperan aktif dalam ekonomi Indonesia.

“Industri gim saat ini menjadi subsektor ekonomi kreatif yang menyumbang kurang lebih 4% GDP, itu harus difokuskan dan juga diperhatikan karena kita tidak hanya menjadi gamers konsumtif tetapi juga harus produktif. Untuk itu, kita harus menyosialisasi dan edukasi untuk esport dan industri gim ke daerah-daerah bahkan Kabupaten/kota hingga ke desa, ”jelasnya.

Dukungan lintas sektor terhadap kompetisi ini diharapkan menjadi pemicu semangat kolaborasi dalam memajukan ekosistem ekonomi kreatif berbasis teknologi digital.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI