Indonesia dan Turkiye Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Bilateral di Berbagai Bidang

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 03 Mei 2024 | 10:16 WIB
Menlu RI Retno Marsudi bersama Menlu Turkiye Hakan Fidan, (SinPo.id/Kemlu)
Menlu RI Retno Marsudi bersama Menlu Turkiye Hakan Fidan, (SinPo.id/Kemlu)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, mengatakan Indonesia dan Turkiye telah berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama bilateral dalam berbagai bidang, termasuk untuk berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran global.

"Kami sepakat untuk memanfaatkan perayaan 75 tahun hubungan diplomatik tahun depan untuk mengangkat hubungan bilateral kami ke tingkat yang lebih tinggi," kata Retno, usai bertemu Menteri Luar Negeri Turkiye, Hakan Fidan, di Ankara, dikutip Jumat 3 Mei 2024.

Kemudian, kedua menteri juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang pertahanan. Terutama kerja sama strategis dalam pengembangan industri pertahanan, seperti pada pembuatan Medium Weight Tank (MWT).

Selain itu, Indonesia dan Turkiye juga menyepakati langkah-langkah konkret dalam memerangi kejahatan lintas batas, dengan penandatanganan Perjanjian Kerja sama Keamanan sebagai langkah awal untuk kerja sama yang lebih luas dalam hal keamanan dan penegakan hukum. Termasuk mendukung perdamaian dan keadilan bagi Palestina.

“Indonesia berkomitmen untuk selalu membela kemanusiaan dan keadilan bagi rakyat Palestina, mengadvokasi gencatan senjata yang segera dan berkelanjutan, bantuan kemanusiaan yang tidak terhambat, serta proses perdamaian yang kredibel menuju solusi dua negara," tegasnya.sinpo

Komentar: