Khofifah Ungkap Rahasia Jatim Tekan Penularan Corona

Laporan: Tisa
Rabu, 07 Oktober 2020 | 12:52 WIB
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (Foto: BPBD Jawa Timur)
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (Foto: BPBD Jawa Timur)

sinpo, JAKARTA -Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan rahasia Jawa Timur yang dinilainya berhasil menekan penyebaran COVID-19. 

Adapun keberhasilan itu ditunjukkan dengan status Jawa Timur yang dinyatakan bebas dari zona merah pada Selasa (6/10/2020) sore.

Khofifah mengatakan salah satu rahasianya ialah senantiasa menerima saran dari para ahli yang dilibatkan dalam penanganan pandemi.

"Prinsipnya, Kami selalu mempertimbangkan masukan dari pakar epidemiologi dalam penanganan Covid-19 di Jawa Timur," kata Khofifah melalui keterangan persnya, Rabu (7/10/2020).

Ia menambahkan, keberhasilan itu tak terlepas dari meningkatnya kesadaran warga Jawa Timur terhadap protokol kesehatan.

Berdasarkan data, kata dia, enggunaan masker yang masif dan serentak, terbukti mampu menurunkan kurva penambahan kasus COVID-19 di berbagai negara. 

Mantan Menteri Sosial Kabinet Kerja ini menuturkan, 60 persen populasi memakai masker, mampu menurunkan Rate of Transmission atau tingkat penularan bisa dibawah satu persen.

"Oleh karena itu, kita adopsi gagasan yang telah scientifically proven ini di Jawa Timur," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan, Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Nasional menyatakan dari 38 Kabupaten dan Kota seluruh Jawa Timur.

28 wilayah dinyatakan berkategori oranye atau resiko sedang. Sementara 10 wilayah sisanya, dikategorikan zona kuning atau resiko rendah.sinpo

Komentar: