Buat Platform COVID-19, Inggris Beri Bantuan Finansial ke Jawa Barat

Laporan: Tisa
Kamis, 01 Oktober 2020 | 10:25 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins (Foto:gov.uk)
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins (Foto:gov.uk)

sinpo, BANDUNG -Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins meluncurkan platform LaporCOVID-19 via Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat (Pikobar).

Peluncuran dilakukan melalui telekonferensi di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (30/9/2020).

LaporCOVID-19 merupakan platform sesama warga untuk berbagi informasi terkait penyebaran virus Corona.

Melalui platform ini, mampu diketahui laporan keramaian yang masuk ke dalamnya melalui Pikobar.

Setelah itu, maka akan ditindaklanjuti oleh dinas terkait, salah satunya Satpol PP Provinsi Jabar sehingga akan memudahkan penanganan COVID-19.

Lewat kerja sama ini, Pemerintah Inggris memberikan bantuan finansial kepada Provinsi Jawa Barat senilai £56.178 atau sekitar Rp987 juta. 

Dana itu ditujukan untuk meningkatkan pengumpulan data dan penyebaran informasi melalui LaporCOVID-19 di Indonesia, khususnya Jawa Barat. 

"Kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini merupakan bagian ketiga dari proyek bersama Kerajaan Inggris Raya dengan LaporCOVID-19," ujar Dubes Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins, Kamis (01/10/2020).

Ia menambahkan, sebelumnya telah diluncurkan kerja sama serupa dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Adapun dipilihnya Jawa Barat sebagai provinsi prioritas, kata dia, salah satunya karena memiliki inovasi Pikobar masuk Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19 dari Kemenpan RB. 

"Proyek ini merupakan bagian dari Program Digital Access Kedutaan Besar Kerajaan Inggris Raya dan akan dilaksanakan bersama Pemerintah Indonesia," tuturnya.sinpo

Komentar: