Peneliti Unair: Strategi Kampanye Berbasis Figur dan Akar Rumput Efektif Dongkrak Elektabilitas
SinPo.id - Peneliti Komunikasi Politik dari Universitas Airlangga Surabaya Taufiq Athwinsa, mengungkapkan pendekatan yang efektif untuk mendongkrak elektabilitas dalam kontestasi politik atau kampanye.
Salah satunya, dengan memadukan kekuatan citra pribadi, penggunaan media sosial dan media massa, serta internal partai yang solid.
Menurutnya, pendekatan itu menunjukkan efektivitas strategi market-oriented political marketing dalam membangun kedekatan dengan publik dan menciptakan hubungan timbal balik antara kandidat dan konstituen.
Bahkan, strategi political marketing yang terstruktur, personal, dan menyentuh akar rumput tersebut, telah berhasil membuat Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara, Musa Rajekshah (Ijeck), meraih suara tertinggi sebagai Calon Anggota Legislatif dari Partai Golkar Sumut.
"Fenomena ini memperlihatkan pentingnya figur dalam kontestasi politik lokal, di mana personalisasi politik menjadi penentu signifikan," kata Taufiq, dalam keterangan persnya, Sabtu, 17 Mei 2025.
Selain itu, pendekatan yang digunakan Ijeck dalam kampanye tidak hanya berdampak pada pencapaian individu, tetapi juga memberikan efek elektoral positif bagi Partai hingga membuat suara partai meningkat signifikan dan dapat membangun hubungan yang kuat dengan masyarakat.
“Ini bukan sekadar kemenangan politik, tapi kemenangan hubungan yang dibangun dengan masyarakat,” ungkapnya.
Dengan demikian, studi tersebut memperkuat relevansi strategi kampanye yang memadukan identitas tokoh, komunikasi publik yang cerdas, serta kerja nyata di tengah rakyat sebagai pondasi sukses elektoral dalam konteks demokrasi lokal.

