Mampu Bertahan di Tengah Pandemi, Bisnis Logistik Bantu Buka Lapangan Kerja Baru
sinpo, JAKARTA - Sektor logistik menjadi salah satu industri yang mampu bertahan di tengah pandemi. Tak hanya bertahan, bisnis ini juga dapat tumbuh signifikan. Hal ini didukung adanya perubahan perilaku masyarakat untuk berbelanja melalui e-commerce, serta memanfaatkan jasa pengiriman paket sebagai solusi di tengah keterbatasan saat ini.
Menurut data dari RedSeer, penggunaan layanan e-commerce selama pandemi COVID-19 meningkat tajam sebanyak 69%. Imbasnya, berbagai penyedia jasa logistik di Indonesia turut mencatat kenaikan volume pengiriman barang.
Salah satu pemain logistik di Indonesia juga mencatat kenaikan volume pengiriman selama pandemi ialah Lion Parcel. Senior Manager NPOS Lion Parcel, Cipta Laksono mengatakan volume pengiriman Lion Parcel pada bulan April hingga September 2020 meningkat sekitar 30,3% dibanding bulan April hingga September tahun lalu.
Lonjakan permintaan jasa pengiriman tersebut lantas menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan bagi masyarakat di tengah pandemi. Data lebih lanjut mencatat, jumlah agen atau mitra P.O.S (point of sales) yang bergabung dengan jaringan Lion Parcel pun meningkat secara signifikan hingga 2x lipat di masa pandemi.
“Volume pengiriman barang Lion Parcel yang terus meningkat bukan hanya berdampak bagi perusahaan, namun juga memberikan ladang penghasilan baru bagi masyarakat di tengah pandemi," kata Cipta, Selasa (29/9/2020).
Ia menuturkan, selama masa pandemi tercatat lebih dari 800 mitra bergabung ke jaringan Lion Parcel setiap bulannya. Angka ini naik sebesar 100% dibanding kondisi normal sebelum pandemi, dengan rata-rata sebanyak 400 mitra yang bergabung setiap bulannya.
"Antusiasme masyarakat untuk bergabung menjadi mitra Lion Parcel ini menjadi sinyal positif bahwa sektor logistik memiliki peluang yang menjanjikan di tengah pandemi ini,” katanya.
Saat ini, kata dia, Lion Parcel memiliki lebih dari 3.500 mitra aktif yang tersebar di seluruh Indonesia. Guna memaksimalkan peluang bisnis dari mitra P.O.S bagi masyarakat, Lion Parcel berkomitmen untuk memfasilitasi seluruh mitra P.O.S yang baru bergabung.
Adapun fasilitas yang disediakan antara lain franchise fee gratis, komisi penjualan yang menarik, proses administrasi yang cepat, pendampingan selama 1 tahun, serta sistem web yang terintegrasi.
Selain performa bisnis logistik yang terus bertumbuh di tengah pandemi, meningkatnya angka kemitraan di Lion Parcel juga turut membuka lapangan pekerjaan baru, baik bagi para calon mitra itu sendiri, maupun orang-orang yang kemudian bekerja di P.O.S mitra tersebut.
Salah satu mitra yang telah merasakan manfaat secara langsung setelah bergabung dengan jaringan mitra Lion Parcel adalah Nanundita, pemilik Mitra P.O.S Lion Parcel ‘Habibi’ yang berlokasi di Tangerang.
Berbekal ketekunan dan kesabaran, kesuksesan dapat diraih oleh P.O.S Lion Parcel Habibi. Di tahun kedua, jumlah pengiriman mulai mengalami kenaikan pesat hingga mencapai 1 ton setiap bulan dan omset yang didapatkan saat ini juga mencapai puluhan juta setiap bulannya.
Nanundita juga mengungkapkan bahwa berbekal pendapatan dari kemitraan Lion Parcel ini, dirinya mampu membeli rumah di tahun kedua dan mobil secara cash di tahun ketiga sejak ia bergabung menjadi mitra P.O.S Lion Parcel.
“Di tengah pandemi ini, peluang bisnis kemitraan Lion Parcel menjadi angin segar bagi banyak masyarakat. Saya bersyukur dan merasakan manfaat yang nyata sejak bergabung menjadi Mitra P.O.S Lion Parcel, khususnya di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang," kata Nanundita.
Saat orang-orang mengalami pasang surut, lanjutnya, usaha yang dirintisnya sejak tahun 2017 justru berbuah manis karena kebutuhan masyarakat untuk mengirim paket serta dokumen justru meningkat.
"Selain dapat membantu masyarakat untuk memudahkan pengiriman, saya juga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain yang membutuhkan pekerjaan di masa sulit seperti saat ini,” pungkasnya.
