Naik 6,59 Persen, KAI Angkut 39,08 Juta Penumpang Sepanjang Januari

SinPo.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI tercatat, mengangkut sebanyak 39.083.129 penumpang selama Januari 2025 atau meningkat 6,59 persen dibandingkan Januari 2024, yang melayani 36.666.053 penumpang.
"Angka 39.083.129 penumpang tersebut terdiri dari 4.560.523 penumpang yang dikelola KAI, 30.831.133 penumpang yang dikelola KAI Commuter, 587.186 penumpang KAI Bandara, 530.974 penumpang Whoosh yang dikelola KCIC, 392.423 penumpang LRT Sumatera Selatan, 2.146.859 penumpang LRT Jabodebek, 17.943 penumpang KA Makassar-Parepare, dan 16.088 penumpang yang dikelola KAI Wisata," kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya, Sabtu, 8 Februari 2025.
Menurut Anne, sejumlah layanan KAI Group periode Januari 2025 rata-rata juga mengalami peningkatan, seperti KAI Wisata melayani 16.088 penumpang atau meningkat 57,62 persen dibanding periode tahun sebelumnya yaitu 10.207 penumpang, kereta Whoosh melayani 530.974 penumpang atau meningkat 36,8 persen dibanding priode yang sama pada 2024 dengan melayani 388.131 penumpang, LRT Jabodebek melayani 2.146.859 penumpang atau meningkat 78,85 persen dibanding periode yang sama yaitu 1.200.399 penumpang.
Kemudian, layanan KAI Group lainnya juga mengalami peningkatan penumpang, seperti KAI Bandara melayani 587.186 penumpang atau meningkat 35,01 persen dibanding Januari 2024 yakni 434.912 penumpang. Di pulau Sumatera, ada layanan LRT Sumsel yang semakin diminati masyarakat dengan melayani 392.423 penumpang atau meningkat 21,14 persen, KA Jarak Jauh dan Lokal yang dikelola KAI juga meningkat 15 persen dengan melayani 4.560.523 penumpang dibanding periode tahun sebelumnya yaitu 3.967.660 penumpang.
Lalu, Commuter Line dan KA Lokal yang dikelola KAI Commuter juga mengalami peningkatan dengan melayani 30.831.133 penumpang atau meningkat 1,69 persen dibanding periode Januari 2024 yaitu 30.318.769 penumpang.
Anne menilai, meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan kereta api dipengaruhi faktor keberlanjutan dan efisiensi. Banyak orang yang memilih kereta api karena moda transportasi ini lebih ramah lingkungan dan memberikan kenyamanan lebih baik.
Ditambah faktor ketepatan waktu atau on time performance (OTP) juga menjadi salah satu aspek utama dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan. KAI akan terus berupaya memastikan layanan kereta api beroperasi dengan selamat, cepat, dan nyaman.
"KAI mencatat peningkatan OTP keberangkatan dan kedatangan kereta api penumpang selama 2024. Dari Januari hingga Desember 2024, OTP keberangkatan mencapai rata-rata 99,77 persem atau meningkat dibanding tahun 2023 yang sebesar 99,54 persen. Sementara itu, OTP kedatangan juga meningkat menjadi 96,05 persen dibanding tahun 2023 yang mencapai 93,98 persen," tukasnya.
PERISTIWA 13 hours ago
PERISTIWA 2 days ago
OLAHRAGA 2 days ago
PERISTIWA 5 hours ago
PERISTIWA 1 day ago
OLAHRAGA 1 day ago