CALO TIKET KAPAL

Berantas Calo, ASDP-Pelni Terapkan Penjualan Tiket Online

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 19 Desember 2024 | 18:27 WIB
Ilustrasi penumpang turun dari kapal (SinPo.id/ Dok. Kemenhub)
Ilustrasi penumpang turun dari kapal (SinPo.id/ Dok. Kemenhub)

SinPo.id - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memastikan tidak ada lagi calo tiket di pelabuhan selama Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Karena, penjualan tiket dilakukan secara online melalui aplikasi Ferizy, bukan lagi beli tiket di pelabuhan. 

"Terkait dengan calo, kalau kami dari ASDP punya pelayanan tiket secara online, Ferizy namanya. Jadi kita di pelabuhan sudah tidak lagi kita buka loket secara go show. Itu sudah tidak ada," kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Heru Widodo dalam konferensi pers, Kamis, 19 Desember 2024. 

Heru menjelaskan, sistem pembelian tiket secara online ini diterapkan untuk mengantisipasi calo tiket, termasuk antrean kendaraan di pelabuhan.

"Kenapa kita lakukan sistem itu. Karena kita ingin menghilangkan calo yaitu dengan tiket online tadi," ucapnya. 

Menurut Heru, keberadaan calo tiket di pelabuhan, memang menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama. Untuk itu, ia optimis, dengan menerapkan sistem online, dapat menghilangkan calo tiket.

"Saya yakin ke depan dengan sistem kita yang baik, kemudian ketegasan mitra kita, tentu calo ini lama-lama akan berkurang. Apalagi kita sudah tiket online yang semuanya kita beli lewat online," kata dia. 

Senada, Direktur Utama Pelni Tri Andayani meyakini, sistem penjualan tiket melalui online, dipastikan tidak akan ada lagi calo. Terlebih, sistem Pelni telah terintegrasi dengan Pelindo, BUMN bidang pelabuhan. 

"Di Pelni sudah ada layanan integrasi antara Pelni dengan Pelindo. Yang mana tiket mereka sudah pakai auto pin yang untuk masuk ke terminal kami dan seluruh terminal sudah seperti itu. Sehingga calo penjual tiket sudah tidak ada, semua sudah dibeli online," ucapnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI