KAI Amankan Barang Tertinggal Pelanggan Senilai Rp13,2 Miliar Periode Januari-November 2024

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 13 Desember 2024 | 06:21 WIB
Kereta Api (SinPo.id/KAI)
Kereta Api (SinPo.id/KAI)

SinPo.id - PT Kereta Api Indonesia atau KAI berhasil mengamankan sebanyak 8.239 barang temuan selama periode Januari hingga November 2024. Nilai estimasi barang tersebut total mencapai Rp13.256.674.215 atau Rp13,2 miliar.

Jumlah ini menunjukkan peningkatan signifikan layanan Lost and Found atau barang tertinggal di KAI dibandingkan dengan tahun 2023, di mana KAI mengamankan 5.434 barang dengan estimasi nilai Rp6.655.984.900 atau Rp 6,6 miliar.

“Dari 8.239 barang yang ditemukan 3.576 di antaranya merupakan barang-barang berharga, seperti peralatan elektronik, perhiasan, dokumen penting, hingga uang tunai. Sebagian besar barang tersebut sudah berhasil kami kembalikan kepada pemiliknya, namun ada juga yang masih kami simpan karena pemiliknya belum mengambilnya,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya, dikutip Jumat, 13 Desember 2024.

Anne menambahkan bahwa petugas di stasiun dan kereta api secara rutin mengingatkan para pelanggan untuk selalu menjaga barang bawaan mereka agar tidak tertinggal.

“Meski barang bawaan adalah tanggung jawab pelanggan, kami berusaha memberikan layanan terbaik dengan membantu mengamankan barang yang tertinggal baik di kereta maupun di stasiun. Kami ingin memastikan agar barang yang tertinggal dapat kembali ke pemiliknya dengan aman,” jelas Anne.

Beberapa pengalaman positif pelanggan mengenai layanan Lost and Found KAI juga banyak dibagikan melalui media sosial. Salah satunya adalah komentar akun facebook Lutfi Muhamad Yoga yang mengomentari postingan akun Kereta Api Kita terkait layanan Lost and Found pada 6 Desember 2024.

“Jadi inget ketinggalan HP, langsung lapor, dan besoknya udah dikembalikan. KAI emang terbaik,” komentar akun facebook Lutfi Muhamad Yoga.  

BERITALAINNYA
BERITATERKINI